Home Ekbiz Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin, Mangkir di Rapat Panja DPR

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin, Mangkir di Rapat Panja DPR

301
0
SHARE

EnergyWorld.co.id – Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin tak hadir dalam rapat panitia kerja (panja) minerba Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rencananya Panja akan memanggil ulang.

Komisi VII DPR menantikan klarifikasi perihal perkembangan renegosiasi kontrak dan progres pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu.

Pimpinan Komisi VII DPR, Kardaya Warnika menuturkan, sesuai diskusi yang telah disepakati antara Ditjen Minerba, Kementerian ESDM dan Freeport Indonesia, maka rapat panja minerba kembali dijadwalkan ulang.

Rapat akan dijadwal ulang itu mewajibkan Maroef untuk mengikuti rapat panja minerba. “Rapat ditunda jadi tanggal 1 Desember 2015 Pukul 13.00 WIB,” kata Kardaya di Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Dalam penyampaian pandangan, pihak Freeport sempat meminta agar rapat panja minerba dijadwalkan dua pekan berikutnya. Namun, pihak Komisi VII DPR mengajukan keberatan. Di tengah urgensi perkembangan renegosiasi kontrak dan smelter, Freeport Indonesia tidak seharusnya menunda pertemuan.

“Kalau dua minggu lagi, seolah-olah enggak mementingkan hal ini. Soal operasi Freeport Indonesia memang penting, tapi agenda di DPR juga penting,” kata dia.

Dengan berbagai pertimbangan, Komisi VII DPR, Ditjen Minerba, Kementerian ESDM, dan Freeport Indonesia bersepakat untuk melanjutkan rapat panja minerba di pekan depan.(ID/EWI)

LEAVE A REPLY