Home Energy Keren…Inilah Masjid Pertama yang Mengunakan Panel Surya

Keren…Inilah Masjid Pertama yang Mengunakan Panel Surya

255
0
SHARE

ENERGYWORLD.co.id – Sebuah Masjid ternama Salman di kota Bandung bikin terobosan. Inilah Masjid pertama dengan mengunakan Panel Surya. Dalam situs Masjid tersebut disampaikan bahwa awal Februari lalu, Masjid Salman ITB memasang panel surya pada atap Gedung Serba Guna (GSG).

Panel surya sebanyak 12 buah ini nantinya akan memenuhi kebutuhan listrik area utama masjid Salman. “Hal ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan masjid Salman sebagai pusat masjid ramah lingkungan,” tutur Imam C. Basri, Sekretaris Umum Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB,  dalam laman salmanitb.com.

Panel surya yang telah terpasang masih menggunakan jaringan milik PLN, namun energinya berasal dari cahaya matahari. Dengan sistem ini, biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih sedikit. Sekitar 8% dari total kebutuhan listrik Salman akan ditopang oleh panel surya ini.

Ke depannya, Salman akan menambah unit panel surya sebanyak 12 kali lipat, agar dapat memenuhi kebutuhan listrik seluruh kompleks Salman. Rencananya panel-panel surya tersebut akan dipasang di atap masjid Salman. Rencana ini ditargetkan rampung tahun 2016. Diharapkan, pemasangan panel surya ini dapat mendorong masjid-masjid lain untuk ikut mencanangkan prinsip hemat energi. Selamat ya! (ES/EW)