Home Energy BBM Siap-Siap,Pertamina EP Pecat 20 Ribu Pekerja di Banyu Urip

Siap-Siap,Pertamina EP Pecat 20 Ribu Pekerja di Banyu Urip

335
0
SHARE
Sumber Foto: pepc.pertamina.com

ENERGYWORLD.co.id – Hal itu ditegaskan oleh Direktur Utama ‎PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Adriansyah‎, dia mengungkapkan akan ada 20 ribu orang pekerja akan kehilangan pekerjaan. Hal itu dikarenakan pekerjaan pengembangan Lapangan Banyu Urip selesai.

“Mereka menganggur karena kontrak pekerja sesuai dengan tenggang waktu pengembangan Lapangan Banyu Biru,” terangnya di Jakarta.

Meski tidak sekaligus memberhentikan para pekerja, dapat dipastikan jumlah yang akan kehilangan pekerjaa. mencapai 20 ribu orang.

‎”Jadi sebenarnya 20 ribu itu bukan mendadak kehilangan pekerjaannya, Banyu Urip ini sekarang pekerjaan pelan-pelan berkurang, memang saat peak 20 ribuan dan sebagian memang tenaga kerja lokal. Dengan pekerjaan Banyu Urip yang hampir selesai kalau kita bilang kehilangan nggak sih memang kontraknya sampai pekerjaan itu selesai,” akuinya.

Saat ini pengembangan Lapangan Banyu Urip meliputi 5 kegiatan Engineering, Procurement dan Costruction (EPC). EPC 1 meliputi Central Processing Facility yang mencapai 98,90 persen, EPC 2 meliputi Onshore Export Pipeline (72 km) juga telah mencapai 100 persen.

Sementara untuk ‎EPC 3 yakni Offshore Export Pipeline and Mooring Tower (23 km) telah mencapai 100 persen, dan EPC 4 yakni Floating Storage and Offloading (FSO) 100 persen, dan EPC 5 meliputi Infrastructure Facilities mencapa 98,6 persen. Sehingga dapat dipastikan pengembangan Lapangan Banyu Urip selesai pertengahan tahun ini.

“Banyu Urip akan selesai hampir 98 persen, yang tersisa gas injection system. Kemudian infrastruktur perkantoran di EPC-5 pekerja di sana sudah nggak banyak lagi sekarang, dan itu bertahap,” tuturnya. (REZA)