Home Energy BBM Rizal Ramli: Pesawat Tidak Transit di Indonesia Karna Avtur Mahal

Rizal Ramli: Pesawat Tidak Transit di Indonesia Karna Avtur Mahal

167
0
SHARE
<!–ADOP SEO Tag S–>ENERGYWORLD – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya (Menko Maritim) Rizal Ramli mengungkapkan, banyak maskapai asing tidak mau melakukan transit di Indonesia disebabkan harga avtur mahal di jual oleh PT Pertamina (Persero) .
“Salah satu penyebabnya karena avtur Indonesia paling mahal. Sebagian karena Pajak Pertambahan Nilai, sebagian lagi Pertamina kurang kompetitif,” Rizal Ramli, Jakarta. Senin (25/4/2016).
Akibatnya, banyak pesawat  asing melakukan transit di Singapura. Padahal seharusnya rute dari Australia, New Zealand mau ke China, Korea, Jepang, transit di Indonesia yang membuat pendapatan diberbagai sektor mengalami penurunan.
Sebagai langkah awal, Rizal akan melakukan pembenahan. Guna, dominasi Singapura sebagai tempat transit maskapai asing bisa berkurang dan pindah ke Indonesia.
“Sehingga total 13 juta trafik tidak perlu mampir ke Singapura. Masak 30 persen nggak transit di Indonesia, hal ini kami akan lakukan supaya Indonesia terkenal jadi lokasi turis nomor satu di kawasan ini.”
Dengan begitu, lanjut Rizal, pariwisata akan kembali bergairah, hingga 10 tahun mendatang. “Kalau Indonesia all out untuk tingkatkan turisme, bisnis ini bisa jadi nomor satu kurang dari 10 tahun, mengalahkan migas dan CPO.” tutupnya. (REz) <!–ADOP SEO Tag E–>