Home Ekbiz Corporate Kini Ada Program Pendukung Pengusaha Kreatif Lokal, Namanya The Big Start...

Kini Ada Program Pendukung Pengusaha Kreatif Lokal, Namanya The Big Start Indonesia

253
0
SHARE
-Foto Edo

ENERGYWORLD – Bertepatan dengan hari jadi blibli.com yang kelima, blibli.com bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) meluncurkan program bernama The Big Start Indonesia, web series bertemakan kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan pengusaha-pengusaha local yang kreatif. Ini merupakan web series kompetisi pertama di Indonesia yang focus pada pencarian pengusaha kreatif dengan produk local terbaik di Indonesia Kampanye ini juga didukung oleh Djarum Foundation, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Podomoro University, Google, YouTube, Facebook, dan Instagram. Tujuannya tak lain adalah untuk memperkenalkan produk-produk serta menciptakan pengusaha Indonesia yang kreatif sehingga dapat eksis di dunia internasional.

The Big Start Indonesia ini sendiri menawarkan kesempatan bagi para pengusaha lokal di seluruh Indonesia untuk berkompetisi memasarkan produk lokal andalannya secara kreatif, inovatif, dan unik serta orisinil. Pendaftaran The Big Start Indonesia ini sendiri telah dibuka sejak awal Juni 2016 dan akan berakhir pada tanggal 10 Agustus 2016. Pengusaha yang ingin mendaftarkan dirinya wajib turut serta mendaftarkan produknya sendiri dan mengisi data diri mereka di https://thebigstart.blibli.com/. Setelah itu, dari seluruh peserta yang telah mendaftar akan diseleksi dan akan dipilih 100 orang finalis terbaik, yang nantinya akan dikerucutkan kembali menjadi 20 finalis. 20 orang finalis yang terpilih nantinya akan mengikuti masa karantina pada bulan September sampai dengan Oktober 2016 yang akan ditayangkan di YouTube The Big Start Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis.

Finalis dengan pengusaha kreatif terbaik nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa modal usaha senilai 1 miliar rupiah serta mereknya akan didaftarkan untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Bukan hanya itu, finalis terbaik juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli serta mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking.

“Saat ini, semakin banyak generasi muda Indonesia yang mengeluarkan kreatifitas mereka dan menuangkannya ke dalam bentuk bisnis. Bisnis ini mereka jalani dari awal, dari hanya mempromosikannya ke orang-orang terdekat mereka sendiri sampai menggunakan sosial media. Blibli.com melihat ini sebagai sebuah tren yang harus didukung dan tren ini sesuai dengan komitmen kami yang ingin memberdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas lagi,” jelas Kusumo Martanto, selaku CEO dari Blibli.com saat ditemui pada peluncuran The Big Start Indonesia di Hotel Indonesia, Jakarta (25/7).

Kampanye The Big Start Indonesia ini merupakan salah satu bentuk komitmen Blibli.com dan BEKRAF untuk mendorong generasi muda agar terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis mereka. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya generasi muda Indonesia yang dewasa ini sangat kreatif dan inovatif yang membangun bisnis sendiri dengan hasil karya yang unik serta berkualitas. The Big Start Indonesia diharapkan dapat menjadi wadah untuk mereka berkreatifitas serta membangun generasi muda Indonesia untuk berkarya dan menjadi pengusaha lokal kreatif yang dapat membawa produk lokal sampai ke mata dunia. -Edo Juvano/mgg