Home Ekbiz Corporate PT Freeport Indonesia Berjanji Lagi Katanya Setuju Lakukan Penawaran Saham 51 persen...

PT Freeport Indonesia Berjanji Lagi Katanya Setuju Lakukan Penawaran Saham 51 persen untuk Pemerintah

114
0
SHARE
Menteri ESDM Ignatius Jonan / EW

ENERGYWORLD – Jika benar PT Freeport Indonesia setuju akan melakukan penawaran saham (divestasi) 51 persen kepada pemerintah. Maka janjinya harus dibuktikan dan kemungkinan besar Abritase akan tidak lanjut

Ini juga bisa dikatakan sejalan dengan Peraturan Pemerintah no.1 tahun 2017 terkait perubahan status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

“Mereka (Freeport Indonesia) menerima 51 persen divestasi kepada pemerintah,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di rapat kerja dengan Komisi VII, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Jonan menjelaskan divestasi 51 persen dari IUPK tidak melanggar aturan. Karena Freeport Indonesia yang mengikuti aturan Kontrak Karya 1991 juga mencantumkan persyaratan penawaran saham tersebut.

“Divestasi itu ada juga tercantum dalam perjanjian Kontrak Karya tahun 91,” jelas Jonan.

Pada pelaksanaannya, saham Freeport akan mengikuti skema yang ada di PP no.1 tahun 2017. Selain itu juga harus melihat kesiapan dari pemerintah saat penawaran dimulai.

“Ini harus jalan 51 persen. Eksekusinya tergantung PP no 1 dan kesiapan pemerintah,” ungkap Jonan.

Jonan menambahkan penawaran saham Freeport dimulai kepada pemerintah pusat. Jika tidak mampu diserahkan kepada pemerintah daerah atau ke swasta nasional, dan opsi terakhir dijual di Bursa Efek Indonesia

“Ini akan divestasi ke pemerintah pusat, kalau enggak ke pemerintah daerah, kalau enggak ke swatsa, bursa dan lain-lain,” papar Jonan.

Yang jadi catatan saat ini semoga saja ini janji bukan bikin repot lagi dan janji Freeport telah sering terulang dengan janji yang mana kurang konsisten. |AM

LEAVE A REPLY