Home Ekbiz Corporate Pengamat: Pemerintah Tunduk Sama Freeport, Bagai Macan Sirkus

Pengamat: Pemerintah Tunduk Sama Freeport, Bagai Macan Sirkus

58
0
SHARE

ENERGYWORLD.CO.ID – Pengamat Energi Yusri Usman mengatakan Perintah Tunduk Sama Freeport. Dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara bagi PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Itu artinya kebijakan yang akan dikeluarkan itu menguatkan fakta bahwa pemerintah Jokowi tidak mampu berhadapan dengan perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu,”ujar Yusri kepada ENERGYWORLD, Rabu, (5/4).

Kata Yusri penerbitan IUPK ini sudah melanggar Undang-undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba karena IUPK sementara itu liar dan ilegal.

“Dalam UU Minerba tidak mengenal istilah izin sementara yang diberikan kepada perusahaan pertambangan,”tegasnya.

Yusri juga kini mengkritik pedas Jonan dan LBP yang awalnya saya pikir macan galak tapi kini jadi “macan sirkus”.

Dulu, kata Yusri PTFI yang pernah dikatakan Jonan “saya kirain gajah, ternyata sapi”. Malah untuk PTFI boleh saya katakan terbalik dengan yang dikatakan Jonan. Saya malah memberikan julukan “macan sejati” bisa menundukkan “macan sirkus”,” ujar Yusri Usman.

KIta tahu bahwa Kementerian ESDM lewat Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengatakan, pemberian IUPK sementara ini merupakan solusi jangka pendek agar operasional Freeport bisa berjalan seperti sediakala.

IUPK sementara ini akan berlaku selama delapan bulan sejak 10 Februari 2017 lalu. Sehingga, IUPK sementara ini pun berlaku hingga tanggal 10 Oktober mendatang.

Jadi tetap saja yang bikin report Freeport itu tetap saja dibuat mudah. |RNZ

LEAVE A REPLY