Home Ekbiz Corporate ENGIE Tanda Tangani Dokumen Pembiayaan Proyek Panas Bumi Rantau Dedap

ENGIE Tanda Tangani Dokumen Pembiayaan Proyek Panas Bumi Rantau Dedap

0
SHARE

ENERGYWORLD.CO.ID – ENGIE, sebagai bagian dari konsorsium PT Supreme Energy Rantau Dedap, telah berhasil merampungkan perjanjian untuk pembiayaan proyek panas bumi Rantau Dedap tahap I.

Proyek ini rencananya akan rampung pada tahun 2020 dan akan memiliki kapasitas produksi listrik bebas karbon sebesar 98,4 MW dan akan mengurangi emisi CO2 sebayak 486.000 ton per tahun. Penandatangan perjanjian pembiayaan untuk proyek bernilai 540 Juta Dolar AS ini dilakukan oleh PT Supreme Energy Rantau Dedap dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) dan sekelompok bank komersial internasional (yang terdiri dari Mizuho Bank Ltd., Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation), dengan perusahaan Nippon Export and Investment Insurance sebagai penjamin.

Pada acara penandatanganan perjanjian di Jakarta hari ini, Isabelle Kocher, CEO ENGIE Group, mengatakan:

“Proyek panas bumi kedua di Indonesia ini merupakan bukti keahlian kami dalam hal eksplorasi bawah bumi, serta pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik tenaga panas bumi, dan merupakan bagian dari kontribusi kami untuk membantu Indonesia dalam menyediakan tenaga listrik rendah karbon yang efisien bagi masyarakat. Kemitraan kami di proyek panas bumi Rantau Dedap ini juga merupakan bagian dari strategi ENGIE untuk bisa menjadi pemimpin di bidang transisi energi di dunia, terutama dengan fokus pada energi terbarukan.” Proyek Rantau Dedap merupakan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi kedua yang dibangun oleh ENGIE, setelah sebelumnya turut membangun proyek serupa di Muara Laboh, Sumatera Barat, yang pembiayaannya didapat pada tahun 2017.

Pembangunan proyek Rantau Dedap renancanya akan dimulai tahun ini, dan diperkirakan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk sekitar 1.200 orang, selain juga tentunya memberikan peluang ekonomi kepada pengusaha lokal di Provinsi Sumatera Selatan. Energi panas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, selalu tersedia dan terbarukan, dan bisa dimanfaatkan secara ekonomis dan efisien. Sumber energi ini merupakan pemanfaatan daya panas dari perut bumi, dan bisa digunakan untuk pembangkit panas dan energi.

ENGIE adalah produsen dan pemasok energi panas bumi terkemuka di Eropa, dengan pengalaman di penyediaan energi untuk berbagai fasilitas komersial maupun perumahan, dengan memanfaatkan beragam sumber panas bumi. Indonesia merupakan rumah bagi sekitar 40% cadangan panas bumi dunia, dengan kapasitas sekitar 28.000 MW, dan bisa menjadi sumber daya yang penting bagi negara ini untuk mencapai target pengurangan emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030.

PT Supreme Energy Rantau Dedap merupakan perusahaan patungan (joint venture) yang didirikan oleh ENGIE, sebagai pemimpin global di bidang transisi energi, bersama dengan Supreme Energy, perusahaan pengembang sumber listrik panas bumi asal Indonesia; Marubeni, perusahaan investasi asal Jepang; dan Tohoku Electric Power, perusahaan listrik asal Jepang. ENGIE, yang sudah hadir di Indonesia selama lebih dari 60 tahun, dan berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di negara yang termasuk memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, melalui pemasokan energi berbasis gas alam dan energi terbarukan (tenaga panas bumi, surya dan angin), selain juga membantu peningkatan efisiensi energi dan penyedian solusi untuk menjawab tantangan energi yang ada.sumber listrik panas bumi asal Indonesia; Marubeni, perusahaan investasi asal Jepang; dan Tohoku Electric Power, perusahaan listrik asal Jepang.

ENGIE, yang sudah hadir di Indonesia selama lebih dari 60 tahun, dan berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di negara yang termasuk memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, melalui pemasokan energi berbasis gas alam dan energi terbarukan (tenaga panas bumi, surya dan angin), selain juga membantu peningkatan efisiensi energi dan penyedian solusi untuk menjawab tantangan energi yang ada. |AHM/EWINDO

LEAVE A REPLY