Home BUMN Sutopo: Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan Merusak Ekosistem Laut

Sutopo: Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan Merusak Ekosistem Laut

Beritanya Kalah Sama Cacing dan puisi, Memang wolak-walike jaman ya? 

0
SHARE
Istimewa
Teluk Balikpapan

Sementara itu informasi yang didapat Redaksi sampai sekarang kita menyaksikan hasil kerja GM Pertamina Kilang Balikpapan yang sudah menimbulkan korban manusia meninggal 5 orang dan banyak korban lainnya, belum termasuk korban biota laut sebagai sumber makanan dan parahnya kerusakan lingkungan, serta ruginya Pertamina akibat kilangnya tidak beroperasi normal dan kehilangan banyak minyak mentah.

Sementyara itu pihak Pertamina mengkalim bahwa pembersihan pantai yang sudah dilakukan sejak Sabtu (31/3), terus mendapat dukungan baik dari Perusahaan Migas yang ada di Balikpapan, komunitas, mahasiswa, siswa, Ikatan Alumni beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti ILUNI, IAITB, IAITS, Kagama dan individu.

“Setidaknya 500 orang yang tergabung dalam 67 komunitas berpartisipasi dalam pembersihan pantai yang dilakukan pada hari Rabu (4/4). Pembersihan dilakukan di pantai dengan cara manual mengingat cara tersebut lebih efektif untuk mengumpulkan ceceran minyak yang telah tersapu ke pantai,” demikian dikutip ENERGYWORLD 6 April 2018

Pembersihan tersebut dilakukan di sembilan titik yang tesebar di Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan dan Balikpapan Kota. Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut, dilengkapi dengan alat pelindung yang memadai berupa sarung tangan dan masker. Kegiatan ini bahkan menjadi kegiatan pembersihan pantai dari sampah mengingat volume ceceran minyak yang akan dibersihkan sudah hampir tidak ada.

“Upaya pembersihan yang menggunakan alat dan teknik dilakukan Pertamina dengan dukungan perusahaan migas di Kota Balikpapan seperti Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina EP Asset V, Petrosea,” tandasnya. |AHM/HER/EWINDO

LEAVE A REPLY