Home Ekbiz Economy Digital Menteri ESDM Dukung Pertamina Kembangkan Teknologi Digital

Menteri ESDM Dukung Pertamina Kembangkan Teknologi Digital

0
SHARE
Istimewa
Istimewa

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan pada peluncuran Pertamina Digital Expo 2018 di Jakarta,  Rabu (25/4/2018), mengatakan  Meski dinilai agak terlambat dalam mengembangkan bisnis digital ini, Pertamina akan mampu bersaing dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki saat ini.

Jonan menilai, digitalisasi dapat memberikan banyak manfaat pada sebuah industri, antara lain dalam manajemen resiko dan keselamat kerja (work safety).

“Paling tidak digitalisasi itu akan meminimalisir resiko yang tidak bisa diprediksi, (walaupun resiko tersebut) tidak mungkin 0 (nol), tidak bisa nol,” ujar Jonan.

Jonan menyebutkan, transformasi digital yang paling mudah dilakukan Pertamina yakni menginventarisir nozzle yang ada pada setiap SPBU.

“Masa 60.000 titik unmoveable points itu tidak bisa dibuat recording yang baik, mustinya harus bisa,” kata Jonan.

Jonan menghimbau kepada Pertamina untuk melakukan perubahan ini dengan serius. Bahwa transformasi harus didukung dan diinisiasi oleh pimpinan tertinggi dalam perusahaan tersebut.

“Transformasi itu seperti merawat orang kecelakaan, jadi harus sangat attentive. Tidak bisa ngomong terus ditinggal,” pungkas Jonan.*(esdm/Mang)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.