Home Ekbiz Corporate MKI Gelar Hari Listrik Gandeng Penwell

MKI Gelar Hari Listrik Gandeng Penwell

0
MKI bersama Penwell dalam Press Conference 18 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Banten./AM

ENERGYWORLD.CO.ID – Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) yang sudah menggelar sejumlah event di tanah Air kini mengandeng Penwell, sebuah perusahaan penyelenggara pameran internasional bidang energi.

Kerjasama MKI dalam rangga Hari Listrik Nasional ke 73. Tajuk besarnya “Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73 – POWER-GEN Asia 2018”. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD – Tangerang Banten.

Event konferensi dan pameran pada 18 September 2018 ini dibuka Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan merupakan acara energi berskala internasional yang sampai 20 September 2018, dan juga merupakan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73.

Ketua Umum MKI, Supangkat Iwan Santoso, mengatakan, keberlanjutan sektor ketenagalistrikan adalah salah satu penggerak utama perekonomian dan pembangunan nasional Indonesia. “Peran pihak swasta dan pemerintah pun sangatlah penting dalam memastikan keberlanjutan pasokan listrik di seluruh Indonesia. Kecukupan pasokan listrik akan memastikan industri yang terus bertumbuh, harmonisasi antara perkotaan dan area terpencil (akses komunikasi, penerangan dan transportasi) yang lebih baik serta meningkatnya pendapatan negara,” ungkap Supangkat di Tangerang Selatan, Selasa (18/09/2018).

Supangkat menambahkan, pemenuhan kebutuhan listrik sangat tergantung pada ketersediaan energi yang dibutuhkan, sehingga sinergi pemanfaatan energi fosil (batu bara, gas bumi dan minyak bumi) dengan energi terbarukan dan energi baru makin penting demi menjamin keberlanjutan pertumbuhan sektor ketenagalistrikan Indonesia.

“Hal ini menandakan tingkat kesadaran yang tinggi di antara para pemangku kepentingan dalam mendukung inisiatif terkait perkembangan sektor ketenagalistrikan nasional,”jelasnya. Heather Johnstone, Direktur Acara POWER-GEN Asia mengatakan, menjamin ketersediaan energi bagi keberlanjutan sektor ketenagalistrikan harus disesuaikan dengan kecepatan peningkatan kebutuhan energi nasional, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk.

“Ketersediaan energi memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan perekonomian negara, sehingga PennWell merasa terhormat dapat bekerjasama dengan MKI dalam menyelenggarakan acara ini di Indonesia dan memberikan pemahaman lebih dalam kepada para pemangku kepentingan yang diharapkan akan ditindaklanjuti dengan langkah nyata yang berguna bagi pengembangan sektor ketenagalistrikan Indonesia,” ujar Heather Johnstone.

Sekretaris Jenderal MKI Heru Dewanto menambahkan acara ini juga sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan pasar ketenagalistrikan Indonesia ke kancah internasional.

“Power-GEN sudah cukup lama keliling Asia. Banyak sekali pembicara yang hadir selalu bicara pasar Indonesia, tapi belum sekalipun Power-Gen di Indonesia. Indonesia pasar penting di Asia dan saya ajak mereka waktu saya bicara di Bangkok bertemu bersama Penwell,” ujar Heru dalam sesi Press Conference di MKI Lounge di ICE BSD.

“Kita juga perlu disrupsi inovasi.  Untuk itu kita perkenalkan Indonesia ke pasar dunia.”

Acara HLN yang sudah digelar secara berkelanjutan sebagai acara utama di sektor ketenagalistrikan oleh MKI, telah mencapai tahun ke-6 pada tahun ini.

Adapun acara POWER-GEN Asia pada tahun-tahun sebelumnya telah menarik lebih dari 8.500 peserta dari lebih dari 75 negara.

Melanjutkan tema tahun lalu, yaitu Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan, Kecukupan, Kompetitif, Berkelanjutan, dan Merata  untuk Menuju Indonesia Terang, pada tahun ini HLN fokus pada salah satu aspek catur cita yaitu Berkelanjutan – Keberlanjutan sektor ketenagalistrikan untuk mendukung pembangunan nasional.

Kemitraan dengan POWER-GEN Asia akan membawa acara HLN ke kancah internasional, menarik lebih banyak pemimpin, mitra industri dan investor nasional, dan internasional.

Penyelenggaraan HLN ke-73 yang digabungkan dengan POWER-GEN Asia 2018 akan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku industri tenaga listrik Asia. |AME/RED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.