Home BUMN Dan Mantan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto Itu Kini Kepala SKK Migas

Dan Mantan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto Itu Kini Kepala SKK Migas

0
Dwi Soetjipto resmi menjabat sebagai Kepala SKK Migas. (Foto: iNews.id)

ENERGYWORLDINDONESIA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan resmi melantik Dwi Soetjipto sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) pada siang ini (3/12/18).

Dwi menggantikan posisi Amien Sunaryadi yang pensiun pada 20 November lalu. Dw yang pernah menjadi Direktur Pertamina ini mendapat amanat baru di lembaga yang fokus pada kinerja hulu migas RI.

Ada 3 pesan dari Jonan kepada Dwi. Pertama yang diminta oleh Jonan untuk dilakukan oleh Dwi di lembaga barunya adalah menjalankan good corporate governance (GCG) yang selama ini dilakukan oleh Amien. “Saya minta beberapa hal sebagai menteri dan komite pengawas SKK Migas yaitu melanjutkan GCG yang dilakukan Pak Amien,” kata Jonan di kementerian ESDM, Senin (3/12/2018).

Kedua adalah meningkatkan cadangan dan eksplorasi. Terutama mengeksplorasi WK terminasi yang komitmen kerja pastinya sampai saat ini tercatat US$ 2 miliar sampai 10 tahun ke depan.

“Ada WK terminasi yang akan jatuh tempo, tolong bantu Ditjen Migas lakukan lelang terbuka untuk WK eksplorasi. Kontraknya sudah diubah jadi gross split, konsepnya sama seperti tax royalti di AS. Jadi tolong yang masih cost recovery tersisa biayanya diatur,” lanjutnya.

Ketiga adalah peningkatan konten dalam negeri (TKDN) dalam proyek-proyek hulu migas, semaksimal mungkin. Lalu, terakhir Jonan menyelipkan pesan pribadinya untuk Dwi Soetjipto sebagai komandan baru SKK Migas.

“Menjadi pemimpin itu orang yang dikorbankan, karena kepentingan pribadinya sudah tidak ada lagi semua jadi untuk kepentingan bersama.”

Dwi Soetjipto Dilantik Jadi Kepala SKK Migas dimana sebalumnya muncul ada nama Elan dari dalam SKK Migas dan Ketua Alumni ITB Ridwan Djamaludin Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin santer muncul ke publik. Namanya dikaitkan dengan Kepala SKK Migas yang baru. Asal tahu saja Ridwan satu angkatan di ITB dengan Pramono Anung Menteri Sekretaris Kabinet. Nah selamat buat pak Dwi…!!!|ATA/EWINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.