Home Ekbiz APEC- BKPM Promosikan Sektor Maritim

APEC- BKPM Promosikan Sektor Maritim

0

ENERGYWORLD – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) gencar mempromosikan beberapa sektor unggulan, di antaranya sektor maritim dan logistik pada Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan, isu konektifitas selalu menjadi pembahasan sentral dalam forum-forum KTT APEC sebelumnya. Oleh karena itu, dia mendorong investasi dari negara-negara APEC untuk dapat turut berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur di sektor maritim dan logistik di Indonesia.

“Dua hal yang utama adalah sektor maritim dan logitistik. Selain itu, kami juga menyiapkan informasi mengenai sektor-sektor lainnya seperti pariwisata, industri logam, peternakan sapi dan kawasan ekonomi khusus,” ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (17/11/2015).

Menurut Franky, dari data yang dimiliki BKPM, realisasi investasi asing (PMA) di sektor logistik dalam lima tahun terakhir (Januari 2010 hingga Semester pertama 2015)  sebesar US$ 2,19 miliar dan rencana investasi sebesar US$ 3,6 miliar.

Sedangkan untuk sektor maritim untuk periode Januari-September 2015, realisasi investasinya meningkat 28,6 persen menjadi Rp 22,5 triliun bila dibandingkan dengan periode yang sama  tahun sebelumnya.

“Beberapa negara APEC economies memiliki kapabilitas di sektor logistik dan maritim, seperti Amerika Serikat, Australia, Singapura, Jepang dan Korsel ini diharapkan dapat terus ditingkatkan investasinya,” paparnya.

APEC didirikan pada tahun 1989 yang diprakarsai oleh 12 negara yang memiliki garis pantai di Samudera Pasifik. Saat ini APEC yang merupakan Forum Ekonomi ini telah memiliki 21 anggota dan berkantor Pusat di Singapura. (O-I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.