Home Ekbiz Corporate Kisruh Soal Saham Freeport Masih Berlanjut

Kisruh Soal Saham Freeport Masih Berlanjut

0
Big Bos Freeport James Bob Moffett dan saat itu bersama MenESDM Sudirman Said (Foto ENERGYWORLD INDONESIA-Albert)

EnergyWorld.co.id Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Efendi Simbolon, menduga ada pola intelijen dalam memuluskan renegosiasi kontrak karya PT Freeport Indonesia yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto dengan meminta saham. Menurut Efendi, Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin yang juga mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) memainkan keahliannya untuk merekam pembicaraannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Reza Chalid.  Karena itu, Efendi meminta Komisi I DPR memanggil Maroef. “Apakah dia menggunakan model jaringan BIN? Saya berharap Komisi I DPR memanggil Maroef sebagai mantan Wakil Kepala BIN,” ujar Efendu dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Ahad (22/11).

Jika Maroef benar menggunakan pola intelijen, tambahnya, tindakan tersebut bisa mendapat sanksi atas perbuatan kriminal terhadap negara.

Dalam kesempatan yang sama, ekonom yang juga pengamat kebijakan publik Ichsanuddin Noorsy menilai, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said merupakan sosok yang tidak “bersih”. “Sudirman Said bagian dari mafia,” kata Noorsy.

Ia pun menyarankan DPR, khususnya Koalisi Merah Putih (KMP), untuk mengeluarkan hak interpelasi kepada Menteri Sudirman Said terkait pertemuannya dengan Moffet, Chief Executive Officer Freeport McMoran. “DPR tinggal mengeluarkan interpelasi atas pertemuan Sudirman Said dengan Moffet. Kalau memang DPR mau menuntaskan masalah ini, DPR harus melakukan interplasi,” tuturnya.

Permasalahan Setya Novanto dan Sudirman Said, lanjutnya, membuat KMP ikut-ikutan tersandera. Karena, Novanto adalah salah satu kader Partai Golkar, yang masuk merupakan bagian dari KMP. “Ini memang kesalahan KMP, yang anggotanya ikut dalam permasalahan ini dan ikut mencampuri permasalahan SN dan SS,” kara Noorsy. [PN/Fer/Djun]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.