Home Ekbiz Corporate Mahfud MD: “Geng Besar Tutupi Motif Sudirman Said Perpanjang Kontrak Freeport”

Mahfud MD: “Geng Besar Tutupi Motif Sudirman Said Perpanjang Kontrak Freeport”

0

EnergyWorld.co.id – Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013) Mahfud MD menilai ada geng yang sengaja menutup-nutupi kasus di balik keberanian Menteri ESDM Sudirman Said (SS) melanggar Undang-Undang dengan menjanjikan perpanjangan kontrak PT Freeport untuk mengeruk kekayaan bumi Papua.

“Shrs-nya SS jelaskan jg scr terbuka ttg langkah2nya yg melanggar UU. Publik jg hrs tahu alsannya. Hny geng yang nutup2i,” kata Mahfud lewat akun Twitter yang dipantau Selasa (08/12/2015).

Menurut Mahfud, sudah banyak pihak yang mendesak Sudirman membeber alasannya menjamin Freeport bakal mendapatkan perpanjangan kontrak, tapi menteri asal Brebes itu tetap bergeming.

Menteri Pertahanan dan kemudian Kehakiman di Era Gus Dur (2000-2001) ini sayangnya menolak membeber siapa geng yang dimaksud. Dia mengaku hanya melihat kasus ini dalam kacamata hukum, sesuai kepakarannya.

“Gengnya kan sudah dibuka oleh Rizal Ramli. Saya persoalkan pelanggaran UU-nya yang dilanggar. Yang geng-gengan begitu urusan geng,” jelas dia.

Sudirman Said, kata Mahfud, melanggar UU No. 4/2009 tentang konsentrat dan menjamin perpanjangan kontrak Freeport secara otomatis. UU No. 4/2009 tersebut melarang sistem kontrak. Dengan diberlakukannya UU tersebut, otomatis kontrak Freeport sudah berakhir dan tidak boleh diperpanjang dengan sistem kontrak.

“Sebenarnya berdasar UU No. 4/2009 kontrak dengan Freeport sudah selesai, tak bisa diperpanjang dengan sistem kontrak,” jelasnya.(rnz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.