ENERGYWORLD.CO.ID Di akhir tahun 2015, publik dihebohkan oleh polemik kasus Freeport. Kegaduhan tersebut bermula ketika pada pertengahan November 2015, Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said (SS), mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). SS bukan lantaran untuk menghadiri panggilan rapat kerja. SS untuk melaporkan Setya Novanto (Setnov) selaku Ketua DPR, ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Apa yang dilaporkan?
SS menyerahkan sebuah bukti rekaman kepada MKD, dimana di dalamnya ada dugaan percakapan Ketua DPR, Setnov, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha minyak, Muhammad Riza Chalid (MRC). SS melaporkan Setnov diduga telah mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meminta saham kepada PTFI. Rekaman ketiganya terdengar membahas rencana perpanjangan kontrak dan pembangunan smelter Freeport. Juga, membahas proyek pembangkit listrik Urumuka Paniai, Papua.
Sontak kasus ini langsung menjadi pembicaraan publik dan sangat gaduh.
Muncul nama-nama sejumlah pejabat dan elit partai. Selain nama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Luhut Panjaitan dalam rekaman itu muncul pula nama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bahkan nama Tito yang saat ini Kapolda MetroJaya.
Pasalnya, Freeport yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut, diketahui telah berpuluh-puluh tahun mengeruk hasil bumi Papua. Dan banyak dugaan, bahwa sejak awal beroperasi di Indonesia, perusahaan asal yang bermarkas di Phoenix Arizona Amerika tersebut, merupakan salah satu ladang empuk bagi para makelar untuk memperkaya diri sendiri. Maklum Freeport adalah tambang emas terbaik dunia.
Dan belakangan setelah MKD digelar Setya Novanto sudah mundur dari Ketua DPR-RI, namun kisah ini masih terus bergulir. Untuk itu kami angkat menjadi satu tulisan penting.
Lantas siapa dan bagaimana sepak terjang ke empat orang yang bikin gaduh di akhir tahun ini? Energy World Indonesia merangkum keempat sosok tersebut:.
Sepak Terjang “Sudirman Said”
dan Apakabar Minyak Mentah “Sarir”?
Sudirman Said lahir di Brebes, Jawa Tengah 16 April 1963. Ia lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 1990. Melanjutkan pendidikan Master di Bidang Administrasi Bisnis di George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat tahun 1994.
Sebelum menjadi Menteri ESDM, sebenarnya Sudirman Said pernah tercatat sebagai Direktur Keuangan & Admin di PT Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005. Kemudian melanjutkan karirnya sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008.
Sudirman pun aktif dalam transformasi PT Pertamina (Persero) dengan tugas melakukan pembenahan fungsi sekretaris perusahaan pada tahun 2008 dan Suplly Chain Management (2008-2009). Dimana kala itu dia dipercaya untuk menjadi Deputi Direktur Integrated Supplay Chain (ISC) untuk mengatasi mafia impor BBM. Dan baru pada 20 Maret 2009 Sudirman tidak lagi menjabat menjadi Deputi Direktur ISC.
Lalu Sudirman dipercaya menjadi Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia menggantikan Sony Soemarsono pada Maret 2013 di bawah pimpinan Direktur Utama Pertamina, Ari Soemarno.
Pada Mei 2013, Sudirman dipercaya sebagai Wakil Presiden Direktur PT Petrosea mendampingi Eddy Junaedy yang jadi Presiden Direktur. Dirman juga sempat menjabat sebagai Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Untuk diketahui, PT Petrosea sendiri adalah salah satu perusahaan pertambangan di bawah kelompok Indika Energy Group. Sudirman kemudian melepaskan jabatan tersebut setelah ditunjuk oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk menjadi direktur utama PT Pindad pada 4 Juni 2014.
Sudirman juga dikenal “vokal” dalam menolak korupsi, yang diwujudkannya dengan mendirikan dan menjadi ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia bersama dengan Erry Riana (Mantan Pimpinan KPK), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4), Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), dan beberapa tokoh lainnya.
Beberapa kasus yang pernah didorong untuk diselesaikan oleh badan ini adalah Transparansi Anggota Kabinet tahun 2001, Korupsi Penyelewengan Dana Pemilu oleh Anggota KPU tahun 2004, serta Penyelesaian Kasus Bibit Chandra (Cicak versus Buaya). Untuk kasus terakhir ini, Sudirman bersama Rhenald Kasali dan Bambang Harimurti mendorong agar dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah tidak dikriminalisasi.
Selain itu, Sudirman juga menggagas pembentukan Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) untuk mendukung gerakan anti korupsi adalah dengan menciptakan dunia usaha yang sehat. Upaya mendirikan IICG bersama Erry Riyana, Kuntoro Mangkusubroto, Mar’ie Muhammad, dan beberapa tokoh lainnya ini membantu perusahaan-perusahaan dalam menerapkan konsep tata kelola yang baik (good corporate governance).
Dari kariernya itu pada 26 Oktober 2014 Presiden Joko Widodo mengumumkan jajaran kabinetnya. Kala itu disebutlah, nama Sudirman Said yang dipercaya sebagai Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Republik Indonesia.
dan akhirnya sampai kini menjadi Menteri ESDM kabinet Jokowi-JK periode 2014-2019.
Dia pun turut berperan mengusulkan pembentukan tim khusus pemerintah yang bertugas untuk melakukan pemberantasan mafia migas. Dimana akhirnya pemerintah melalui Kementerian ESDM yang dipimpinnya, membentuk Komite Reformasi Tata Kelola Migas (KRTKM) dimana Faisal Basri yang dikenal sebagai pengamat ekonomi, dipercaya menjadi ketuanya.
KRTKM pun akhirnya di bubarkan seiring dengan temuan mereka mengenai penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di Pertamina Energy Tranding Limited (Petral).
Sudirman pun kerap disebut-sebut sebagai salah satu orang yang mendorong agar Petral dibubarkan. Sebab, selama ini, anak perusahaan Pertamina itu disebut-sebut menjadi sarang mafia migas. Namun, bukan berarti atas aksinya itu Sudirman lantas panen pujian. Dia kerap didemo dan dituding sebagai bagian dari mafia minyak.
“(Sejak) tahun 2008, demonya begitu, ‘Sudirman mafia minyak. Saya kira saya lawan (dari) mafia minyak,” ujar Menteri ESDM pada satu kesempatan.
Perjalanannya bukan tanpa kerikil Sudirman, katanya sering dituding mafian dan sudah dianggapnya hal yang biasa. Dan dia mengaku hanya ingin memberikan bukti kepada orang-orang yang menudingnya bahwa dirinya tak seperti yang dituduhkan.
“Paling enak kan memberikan cermin (kepada para penuding) dan saya sudah biasa dibegitukan (dituduh mafia),” ucap Sudirman.
Jika memang buruk rupa cermin dibelah maka apakah Sudirman masih ingat soal permintaan minyak Libia yang gagal dibeli karena kualitas buruk dan dipaksakan, lalu apa kabar temuan BPK hasil auditnya bahwa ada korupsi di Sarir. Apakah SS terlibat? Kita tenggok sebentar kisahnya:
Kasus Sarir ada dugaan tindak Pidana Korupsi dalam pengadaan Minyak Mentah NOC Libya tahun 2006-2007 saat itu Direktur Utama Peramina adalah Ari H. Soemarno dan Direktur Pengolahannya Rukmi Hadihartini dan Sudirman Said sebagai SVP.ISC Pertamina dan VP. Procurement Sales & Market Analysis Daniel S.Purba.
Dalam laman Jokowinomics.com ada kisah Dirman yang mana mengkisahkan
tentang Dirman bermula di Pertamina. Endriartono Sutarto, mantan Panglima TNI Era SBY, yang menjadi Komisaris Utama (Komut) Pertamina, (sempat punya hubungan “manis” dengan Rini Sumarno), merupakan sosok penting yang membawa Dirman ke Pertamina.
Endriartono menitipkan Dirman ke Ari Sumarno, Dirut Pertamina kala itu. Oleh Ari, Dirman dijadikan staf ahli Dirut, dan selanjutnya diberi tugas sebagai Senior Vice President (SVP) untuk Integrated Supply Chain (ISC). Endriartono menenteng Dirman ke Pertamina karena kecerdikan Dirman mengambil hatinya ketika masih jadi Tim Penataan Unit Bisnis TNI.
Satu paket dengan Dirman adalah Karen Agustiawan (sosok yang pada akhirnya menggantikan Ari sebagai Dirut) dan Widhyawan Prawiraatmadja (saat ini Staf Ahli Menteri ESDM).
Pasca Endriartono, Ari Sumarno adalah sosok utama yang mengisi hari-hari Dirman selanjutnya. Tak terlalu lama bagi Dirman untuk merajut hubungan batin dan bisnis dengan Ari.
Siapa sesungguhnya Ari dan apa peran Ari bagi Dirman?
Ari Sumarno merupakan pegawai karir di Pertamina yang mengawali kerjanya di bagian pengolahan. Karirnya sesungguhnya sudah tamat pada awal 1990-an, ketikadia terbukti melakukan penyimpangan dalam pembangunan Kilang LNG Bontang.
Di balik Permindo, ada sosok God Father yang memegang kendali kunci yang mengatur semua rantai bisnis pasokan minyak mentah dan BBM ke Indonesia. Dia adalah Nasrat Muzayyin.
Cukong migas pemegang paspor Libanon ini adalah tokoh sentral tersembunyi yang menjadi GURU BESAR dari semua para mafia migas di Indonesia, termasuk Dirman!
Tak banyak kalangan yang bisa mengendus sosok satu ini. Runtuhnya Orde Baru bukan berarti kiamat bagi Nasrat. Pengalaman dan kepiawaiannya menelusuri seluk beluk bisnis migas mengantarkan salah satu anak didiknya, Ari, ketampuk puncak kendali Petral. Selang beberapa waktu kemudian, Muhammad Reza Chalid -The Legend-, salah satu murid Nasrat lainnya, diberi akses luas oleh Purnomo Yusgiantoro (waktu itu Menteri ESDM) untuk masuk dan “belajar” di Petral, sekaligus berkongsi dengan Ari.
Kekosongan Permindo, diisi oleh Reza dengan dukungan penuh Ari dan Nasrat. Di fase inilah seorang Reza yang masih lugu dengan bisnis minyak dibimbing dan digembleng oleh Nasrat, Sang Guru Besar. Hubungan mesra empat serangkai ini, Nasrat-Purnomo-Ari-Reza, berjalan terus dan mulus selama beberapa tahun.
Sampai pada satu titik, sang Guru Besar, Nasrat, merasa murid utamanya, Reza, mulai menggangu dan mengusik area nyaman yang selama ini ia nikmati di Petral dan Pertamina. Reza, adalah murid yang cerdik dan lihai, yang menyalip gurunya, Nasrat.
Sementara itu, Ari hanya kurang dari 3 tahun di Petral. Pada tahun 2004, dia dipromosikan menjadi Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina. Posisinya di Petral digantikan oleh Hanung Budya dan posisi Hanung selaku VP digantikan oleh Daniel Purba. Kedua nama terakhir inilah yang menjadi operator dari Reza dalam melebarkan bisnis pengadaan minyak mentah dan BBM dalam negeri. Di waktu bersamaan, Sang Guru Besar, Nasrat, pelan tapi pasti tersingkir dari gelanggang permainan, hingga akhirnya, Reza mengambil alih kendali.
Merasa bahwa Reza makin kuat dan berkuasa, Nasrat komplain ke Ari. Hubungan keduanya renggang. Melalui Purnomo Yusgiantoro, waktu itu, terumuskanlah satu formula kesepakatan antara sang Guru dan muridnya, dalam bisnis pengadaan minyak mentah dan BBM Pertamina.
Nasrat, karena sudah kenyang puluhan tahun mendapat porsi 30%, dan Reza memegang 50% dari total pasokan yang dibutuhkan. 20% sisanya dibagi-bagi untuk akomodasi pihak lain. Perdamaian bisnis ini adalah jalan emas bagi Ari Sumarno sebagai pebisnis. Karena loyalitasnya selama ini pada Nasrat, Ari mendapat jatah saham 35% di Concord Energy, milik Nasrat.
Ari lantas mendudukkan puteranya, Yuri Soemarno, sebagai salah satu Direktur di Concord Energy. Lewat bendera Concord, Ari mulai gagah dalam dunia bisnis migas, dan secara pelan berani mengurangi porsi Reza. Kompetisi bisnis Reza dan Ari dimulai!
Dari yang semula bertindak sebagai tandem bisnis dan sahabat, Ari berbalik menjadi orang terdepan yang berhasrat mengubur Reza dan kerajaan bisnisnya.
Melalui back up Concord Energy dan kolaborasi dengan sang Guru Besar, Ari lantas diangkat sebagai Dirut Pertamina, pada tahun 2008. Di Pertamina era Ari, muncul tiga aktor migas baru yang langsung berkoordinasi ke Ari, yaitu Dirman, Widhyawan Prawiraatmadja, dan Karen Agustiawan. Tiga sosok baru itu memperkuat Ari sehingga dirinya tambah yakin bisa melumat Reza dengan Petralnya.
Skenarionya, Ari bakal mendorong Concord Energy sebagai pengganti Petral via PT PertaminaIntegrated Supply Chain (ISC Pertamina), dengan pola transasi belakang layar sebagai business arranger. Ari konsisten membabat Reza dan membuka jalan seluas-luasnya bagi gurunya, Nasrat, untuk kembali menguasai. Kembali ke Dirman.
Ia adalah sosok yang culun dan biasa saja dalam percaturan bisnis migas. Kelebihannya satu saja: sangat patuh dan tunduk ke Ari. Tak lebih.
Dirman yang awalnya jadi staf ahli Dirut, lantas ditugasi sebagai SPV di ISC, unit baru yang dibentuk untuk menggantikan peran Petral (yang masih dikuasai Reza) dalam pasokan minyak mentah dan BBM nasional.
Ditaruhnya Dirman di ISC adalah upaya kamuflase atas rencana jahatnya guna melapangkan jalan Concord Energy menguasai bisnis migas Pertamina. Dirman secara sadar menutupi wajahnya dengan topeng aktivis antikorupsi dan memperalat MTI, untuk jadi tameng bagi tujuan bisnis jahat mafia migas.
Begitulah modusnya. Sederhana tapi sukses mengelabui publik. Selalu direkayasa ke publik bahwa ISC adalah antithesis dari Petral, dipimpin sosok anti korupsi, Dirman, dan karenanya patut didukung Presiden dan publik. Sehingga agenda-agenda busuk yang sudah dirancang para mafia migas, Ari, Nasrat, dan Dirman dapat berjalan mulus.
Untuk back up di lini pengadaan migas, Ari memanggil pulang adik seperguruannya, Daniel Purba dan memberinya jabatan VP di ISC, guna membantu Dirman yang selalu lugu namun patuh. Daniel Purba masih muda saat itu. Karenanya, meski dia banyak memfasilitasi Reza di Petral, tapi masih bisa dipengaruhi, digandeng, dan dijadikan operator untuk mengeksekusi kepentingan Ari. Terbukti sampai sekarang, tiga serangkai Ari Sumarno, Dirman dan Daniel Purba masih berjalan mesra. Hanung karena tidak tunduk pada Ari, akhirnya disingkirkan.
Melalui perancangan mereka, praktis Petral kehilangan pengaruhnya. Saat itulah mesin ISC dihidupkan untuk siap-siap take off bersama dengan Concord Energy yang dipiloti oleh Nasrat.
Dirman, selaku pendatang baru di bisnis ini, mulai dikenalkan dengan Nasrat dan Concord Energy. Ari perintahkan Dirman untuk mendownload ilmu mafia dari Nasrat dan Daniel Purba. Dan sukseslah Dirman menjadi keluarga besar salah satu mafia migas di Republik tercinta ini.
Selamat datang mas Dirman, Welcome to the Club !!!
Sesungguhnya Ari, Reza, Dirman, Daniel, Hanung dan lain-lain memiliki satu guru, Nasrat. Pembeda mereka tegas: Reza bisnis melalui Petral sebagai periuk utamanya, sedangkan Ari dan Dirman memakai Concord Energy dan ISC sebagai ladang penghisapan minyak. Dalam hal ini Ari dan Dirman setia dengan sang Guru, Nasrat.
Mari kita lihat apa yang dilakukan Dirman pertama kali memimpin ISC.
Selang beberapa hari dilantik, November 2008, dia langsung terbang ke London bersama Daniel Purba dan menginap di Ritz Carlton untuk bertemu dengan Perusahaan Minyak Nasional (NOC) Libya yang difasilitasi oleh Concord Energy. Pertemuan itu menyepakati Perusahan Migas Libya itu memasok minyak mentah ke Pertamina dengan harga yang telah diatur. Dirman meyakini deal ini ada di bawah kewenangannya karena sudah “direstui” oleh Ari selaku Dirut.
Saat itu juga Dirman menandatangani Sales and Purchase Agreement atas nama ISC Pertamina untuk volume 4 juta barel minyak mentah.
Penunjukan langsung dari Dirman itu jelas melanggar prosedur tata cara pengadaan minyak di Pertamina. Tidak ada klausul mengenai penunjukan langsung. Semua pengadaan harus dilakukan dengan mekanisme tender, termasuk jika ada NOC dari sebuah negara ingin ikut memasok minyak ke Pertamina. Prosedur lain yang dilanggar adalah tidak adanya persetujuan dari 3 Direktur lainnya di Pertamina sebelum sebuah dokumen pengadaan minyak ditandatangani.
Bagi Dirman, itu hanyalah sebuah prosedur formal yang tidak ada artinya. Namun, bagi pihak yang mengerti pola bisnis minyak yang berlaku di dunia internasional, upaya tidak transparan Dirman (yang selalu mengklaim dirinya sebagai tokoh Masyarakat Transparansi Indonesia) merupakan sebuah kejahatan bisnis.
Seperti biasanya, penyesatan publik diskenariokan dan dilancarkan dengan penjelasan bahwa dealing langsung ke NOC dan tidak melalui trader akan menjadikan harga beli minyak lebih murah, tanpa ada fee atau pengeluaran lain.
Ini berbeda dengan mekanisme tender di Petral, yang selalu memakai trader. Begitulah penyesatan, sekaligus, pembenaran Dirman untuk menyembunyikan praktek bisnis yang sesungguhnya: melanggengkan bisnis Concord Energy.
Bagaimana sesungguhnya modus operandi ISC melalui NOC tersebut?
Pola yang dibangun sangatlah halus dan canggih untuk ukuran Indonesia, di mana transaksi semua itu dilakukan di Luar Negeri dan memiliki underlying documents yang lengkap. Praktek kejahatan bisnis Ari dan Dirman bisa dilacak dari pertemuan Dirman dan NOC Libya di London itu, yang penuh perancangan matang sebelumnya. Peran dari Nasrat dan Concord Energy,dan Ari Sumarno sangatlah sentral. Nasrat-lah yang mengatur deal semua bisnis.
Untuk setiap barrel yang dipasok ke Pertamina melalui ISC, NOC Libya harus berkomitment membayar sejumlah fee kepada Concord.
Lantas, apa bedanya Concord Energy dengan ISC, dan perusahan Reza dengan Petral?
Yang satu melalui satu proses yang seakan-akan transparan melalui tender di Petral, dengan Reza penguasanya, dan satunya lagi melalui proses tertutup negosiasi dengan NOC via ISC, dengan Concord Energy memainkan seluruh perancangan bisnisnya. Ujungnya adalah rent seeker ekonomi. Sama-sama mengutip dollar dari tiap barrel BBM yang dipasok ke Pertamina. Namun, wajah Dirman selalu dihiasi topeng antikorupsi.
Namun pada akhirnya, rencana jahat itu tinggalah rencana. Dokumen penunjukan langsung yang sudah diteken Dirman di London, yang tidak transparan dan melanggar prosedur itu, seharusnya efektif pada bulan Juni 2009. Pesta yang diharapkan terjadi, bubar lebih awal. Awal 2009, Ari Sumarno dipecat dari Dirut Pertamina, digantikan oleh Karen Agustiawan, anak didiknya sendiri.
Perjanjian yang sudah diteken Dirman bersama dengan NOC Libya dibatalkan oleh Karen. Selain itu, Dirman dimutasi dari ISC, karena sudah menjadi jangkar praktek bisnis kotor Ari dan Nasrat. Jadi, adalah kebohongan kalau didepaknya Dirman dari SPV ISC karena semata-mata desakan dari Reza. Sejarah membuktikan bahwa diberhentikannya Dirman dari SPV di ISC lebih dominan karena hasrat yang menggebu-gebu dalam menggelar karpet merah ke Concord Energy dengan cara menampik aturan hukum dan mengkhianati asas transparansi.
Reza, Ari, dan Dirman setali tiga uang: berasal dari satu Guru, dan mencari keuntungan untuk diri dan kelompoknya dengan memperalat jabatan dan menginjak-injak hukum.
Jika Dirman mengeksploitasi ketidaktahuan publik melalui opini bahwa Petral dan Reza itu mafia, sesungguhnya pula dia dan Ari, bersama Nasrat, juga mempraktekkan hal sama dalam bentuk lain.
Intinya, mereka—Dirman di dalamnya ikatan—adalah korps mafia. Publik selama ini telah ditipu habis-habisan. Penyamaran cantik Dirman senantiasa berhasil karena bertopeng pendiri MTI dan pejuang anti mafia melalui usahanya untuk membubarkan Petral.
Padahal, perangai yang ditunjukannya tidak lebih dan tidak kurang sama dengan kelakuan orang yang dituduhkan olehnya sebagai mafia. Inilah yang sering disebut pepatah sebagai serigala berbulu domba!
Lihatlah kebijakannya tentang audit forensik Petral. Mengapa audit forensik yang dilakukan Dirman atas Petral hanya diberlakukan dalam kurun waktu 2012 sampai 2014?
Mengapa audit tidak dimulai sejak tahun 2001, saat Ari jadi Dirut Petral dan Direktur Pemasaran Pertamina, saat Ari masih mesra bergandengan dengan Reza?
Pertanyaan serupa juga berlaku atas ISC itu sendiri pada saat Dirman selaku SPV di ISC. Jika tidak ada niat yang busuk untuk menyembunyikan sesuatu, tentunya tidak ada alasan untuk membatasi jangka waktu audit forensik tersebut. Jelas bagi Dirman, mengaudit sang mentor, Ari, dan sang Guru Besar, Nasrat, merupakan tindakan tak terpuji bagi murid dan loyalis terbaik.
Sosok yang dikesankan suci, baik, anti korupsi, pro transparansi dan anti mafia ini sesungguhnya sedang memainkan lakon bertopeng: anti korupsi. Skenarionya disusun mentornya utamanya, Ari. Dan Dirman sungguh menikmati lakon yang ia perankan itu, hebatnya lagi dengan sukses.
Sekali lagi, selamat Dirman!
Selepas dicampakkan dari ISC Pertamina karena kelakuannya yang tidak transparan, Dirman ditampung oleh Indika Energy, satu perusahaan energi dan migas nasional. Kariernya di awali dari Direktur SDM di Petrosea, anak perusahaan Indika Energy, selanjutnya jadi Direktur SDM di holding Indika Energy.
Pengabdian Dirman di Indika ini akan mewarnai sepak terjang Dirman selanjutnya dalam dunia persilatan energi dan sumber daya mineral tanah air.
Selepas dari Indika Energy, Dirman jadi Dirut Pindad, perusahaan plat merah yang bergerak di alat persenjataan dan kendaraan tempur. Masuknya Dirman di Pindad tidak lepas dari peran Syafrie Syamsoeddin (waktu itu menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan).
Poros Dirman dan Syafrie tercipta pada saat Dirman menjadi bagian dari Tim Penataan Unit Bisnis TNI. Hubungan tersebut berlanjut pada saat Syafrie jadi Wakil Menhan, dan Purnomo Yusgiantoro sebagai Menterinya. Syafri-lah yang merekomendasikan Dirman kepada Menteri BUMN untuk diangkat sebagai Dirut Pindad. Dirman di Pindad dan hubungan hangatnya dengan Syafrie juga turut mewarnai sepak terjang Dirman sebagai ESDM 1 sekarang.
Terpilihnya Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wapres membawa angin baik bagi Dirman. Dia menjadi kuda hitam dari beberapa calon kuat yang berpotensi ditunjuk menjadi ESDM 1. Nama sang mentor, Ari Sumarno sangat santer diperbincangkan bakal menjadi ESDM 1 pada saat penyusunan Kabinet Kerja. Hal ini wajar karena memang Ari merupakan tim inti Jokowi/JK di bidang energi.
Bagi Ari, peluang untuk menjadi ESDM 1 merupakan satu kesempatan emas yang harus direbut dan diperjuangkan, karena memang “pesta besar” yang belum sempat terselenggara pada saat dia dan Dirman masih di Pertamina tahun 2009 silam, tentu saja harus dibayar tuntas.
Lacur bagi Ari, Jokowi dan JK ingin menempatkan sang adik, Rini, memimpin gerbong BUMN. Janggal rasanya, jika dalam satu kabinet terdapat 2 menteri yang memiliki hubungan adik kakak. Melalui pertimbangan taktis, strategis dan politis, akhirnya Jokowi-JK memilih Rini, sedangkan sang kakak, Ari, mesti bersabar karena tersisih dari kabinet.
Bagi Ari, kegagalan menjadi ESDM 1 bukanlah akhir dari cerita. Dia bertekad untuk tetap menguasai sektor energi, langsung dirinya atau melalui kepanjangan tangannya.
Batal jadi menteri, Ari tak kurang akal: ia menyodorkan kader terbaiknya, Sudirman Said aka Dirman!
Namun, menyorongkan nama Dirman ke Jokowi tentunya akan sulit, jika dilakukannya sendiri bersama Rini. Wajar saja, karena Jokowi tidak kenal Dirman, dan Dirman sosok tanpa prestasi di dunia migas.
Ari lantas membentuk tim untuk meyakinkan Jokowi bahwa Dirman adalah pilihan terbaik menjadi ESDM 1. Team up dilakukan melalui jaringan Makasar, di bawah komando JK, dan Syafrie serta Said Didu (atas perintah JK, Said Didu didorong Dirman menjadi Dirjen Minerba, dalam rangka mengamankan agenda Perpanjangan kontrak Freeport.
Jokowi sadar, dan menolak mentah-mentah Said Didu. Selain menggalang dukungan politik, Ari dan JK membangun aliansi ekonomi dengan merangkul Indika Group, salah satu “rumah bisnis” Dirman. Tim inilah yang bekerja secara sistematis dan terstruktur untuk meyakinkan Jokowi melalui JK dan Rini, ketua Tim Transisi kala itu.
Tipu daya mereka tidaklah sia-sia. Saat pengumuman kabinet Kerja, nama Dirman didapuk sebagai Menteri ESDM. Tidak ada yang menyangka bahwa sosok ini yang akan dipercaya menduduki jabatan ESDM 1.
Para pelaku bidang energi dan sumber daya alam terbengong-bengong dengan ditunjuknya Dirman sebagai ESDM 1. Selain tidak menjadi perbincangan publik, background pendidikan yang tidak nyambung, pengalaman Dirman di bidang energi yang tidak berurusan dengan kepakaran teknis dan bisnis, tapi lebih ke pelatihan SDM di sektor energi.
Selanjutnya di kabinet kerja, terbentuklah poros bisnis baru antara JK, Rini dan Ari, serta Dirman tentu saja. Jabatan Dirman sangat strategis. Dialah kunci dalam irisan koalisi bisnis di sektor energi, karena pengendali kebijakan dan teknis di sektor energi di kabinet.
Irisan bisnis JK dan Dirman terjadi di perpanjangan kontrak Freeport. Irisan bisnis Dirman dan Rini/ Ari terjadi di urusan pengadaan minyak mentah dan BBM di Pertamina.
Koalisi JK, Rini dan Dirman juga terjadi di pengadaan listrik 35 ribu MW di PLN. Karenanya, JK, Rini dan Ari akan selalu melindungi Dirman dari serangan politik apapun, termasuk kepretan dari Rizal Ramli. Akal-akalan Dirman di Freeport dan keterlibatan Dirman dan para kolega bisnisnya di Freeport bermula dari masa transisi kekuasaan SBY ke Jokowi (pada saat itu sudah ada Presiden/ Wapres terpilih).
September 2014, saat kunjungan terakhir SBY ke New York untuk menghadiri sidang PBB, dirancang satu rencana penandatanganan MOU antara Pemerintah RI dengan PT Freeport Indonesia. Intinya, MoU itu memuat beberapa poin kesepakatan terkait dengan rencana amanden Kontrak Karya sebagaimana disahkan oleh UU No. 4 tahun 2009 dan juga nasib operasi Freeport pasca 2021.
Pihak Pemerintah yang aktif saat itu adalah Chairul Tanjung, pengganti Jero Wacik yang ditahan KPK.
Sebelum rencana puncak di New York tersebut, ternyata, Kantor Pusat Freeport di Amerika di lobby oleh Tim JK, diketuai oleh Sofjan Wanandi, agar rencana teken MOU itu dibatalkan saja, dan ditunda sampai pemerintahan baru terbentuk, agar kepastian bisnis lebih terjaga. Sofyan Wanandi memanggul misi JK, meyakinkan dan memastikan operasi Freeport akan aman pasca 2021.
Bujukan maut Sofyan menuai hasil manis. Dokumen MOU yang sudah siap diteken Chairul Tanjung batal dan ditunda. Untuk menunaikan janjinya kepada Freeport secepat-cepatnya, JK harus memastikan bahwa ESDM 1 haruslah “orangnya”.
Karenanya, Dirman dipasang jadi ESDM 1, dengan back up koalisi JK, Ari, dan Rini. Di sinilah Dirman memainkan kuncinya. Kebijakan-kebijakannya terkait Freeport persis sama dengan perancangan bisnis JK, Ari dan Rini. Di sinilah kepatuhan Dirman mendapat nilai tertinggi dari JK, Ari, dan Rini.
Untuk pengamanan di level operasional, JK meminta James Moffett, petinggi Freeport, untuk mengganti jajaran Direksi Freeport Indonesia. Perancangan berjalan dengan menunjuk Maroef Sjamsoeddin—adik kandung Sjafrie Sjamsoeddin—yang waktu itu menjabat sebagai Wakil Kepala BIN, menjadi Dirut PT Freeport Indonesia.
Perancangan terbaik lahir dari JK: memegang kendali dua lini, yaitu pengendali kebijakan, Dirman, dan pengendali operasional, Maroef.
Selanjutnya tinggal meyakinkan Jokowi bahwa Freeport ini penting bagi investasi di Indonesia, dan karenanya mesti dibantu percepatan perpanjangan kontraknya. Janji JK dan Dirman kepada Freeport untuk memutuskan perpanjangan kontrak pada akhir 2014 gagal dipenuhi Dirman. JK dan Dirman berkali-kali gagal meyakinkan Jokowi, dan berujung pada molornya perpanjangan kontrak sampai dengan saat ini.
Bahkan Freeport merasa frustasi dengan kinerja Dirman, yang banyak maunya tapi gagal memenuhi janji. Motif bisnis adalah alasan terbesar JK dan Dirman “membantu” Freeport mendapatkan kepastian operasi pasca 2021.
Sebagai media yang taat pada data validitas kami melihat laman http://www.jokowinomics.com/ ternyata mengambil sumber dari Kompasiana.com dan setelah kami lakukan kroscek kesejumlah pihak ada beberapa pihak yang memberikan kesaksian dan mereka bersedia menyampaikannya bahwa untuk kasus Libia dan lainnya memang benar adanya. Sumber kami yang enggan disebut namanya dan merupakan lingkaran dalam mengatakan bahwa, menduga adanya Info rombongan yang berngkat pada 8 Maret 2009 ke London itu kabarnya dihadiri juga oleh Arie Soemarno ( yang sudah tidak menjabat sebagai Dirut sejak Febuari 2009 digantikan oleh Karen Agustiawan). Menurut sumber tadi Jika bener info tersebut., maka dalam rombongan tersebut ada Sudirman Said, Daniel Purba, Jhon Soemarmo dan Edy Satrio (sudah meninggal waktu test penerbangan pesawat Antonov Halim ke Bogor)Lanjut sumber tadi bahwa acara tanggal 9 Maret 2009 itu infonya kepergok Dirut Pertamina Karen Agustiawan dan Karen marah besar., sehingga akibat adanya temuan ketidak efisienan ISC penggunaan konsultan dengan biaya sebesar USD 9 juta yang dibebankan ke ISC dan kelebihan pasokan solar yang membuat tank top kilang dan akhirnya ada penambahan biaya sewa tangker untuk menampung kelebihan pasokan.
Sementara dalam temuan Tim Angket BBM – DPRRI. akhirnya oleh Dirut Pertamina Karen Agustiawan pada tanggal 23 Maret 2009. Sudirman Said dicopot dari SVP ISC saat itu yang mengantikan adalah Rusnaedy Johari sbg SVP ISC dan pada tanggl 2 april 2009. Rusnaedy membuat surat ke PES untuk menunda realisasi longterm contrat yang dibuat tanggal 9 Maret di Hlton Hotel ParkLane London Inggris untuk Sarir Crude, jelas sumber tadi.
Memang kata sumber EnergyWorld Indonesia bahwa supaly Sarir Crude awalnya distop Pertamina hanya sampai September 2006 dan rencana suplai Oktober sampai dengan Desember 2006 tidak lanjuti lagi sehubungan adanya surat Pertamina bernomor: 2252/E20200/2006-SO tgl 31 Agustus 2006 yang antara lain Hasil pengoalahan MM Sarir menghasilkan residu sangat tinggi dan untuk mengolah residu menjadi LSWR membutuhkan ADO yang lebih banyak..kesimpulannya menurunkan tingkat keenomian hasil pengolahan kilang. (bersambung)