Home Energy BBM Pemerintah Pastikan BBM dan LPG Aman Saat Ramadan dan Lebaran 2016

Pemerintah Pastikan BBM dan LPG Aman Saat Ramadan dan Lebaran 2016

0
ENERGYWORLD – ‎Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, memastikan kondisi bahan bakar minyak (BBM) seperti premium dan solar, elpiji dan listrik selama Ramadan dan Idul Fitri 1437 H dipastikan aman.
“Ketersediaan stok BBM mencukupi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri tahun 2016. Stok rata-rata di atas 25 hari,” kata Sudirman, dalam keterangan persnya diJakarta, Rabu(27/4/2016).
Dia mengungkapkan, pemerintah telah melihat data peningkatan pada tahun sebelumnya, dimana rata-rata konsumsi premium saat Idul Fitri meningkat sekitar 12 persen dibanding konsumsi rata-rata harian, sedangkan konsumsi solar menurun sekitar 13 persen.
“Jika saat ini tercatat rata-rata konsumsi harian premium sekitar 70 juta liter maka dengan peningkatan 12 persen kebutuhan premium pada saat Idul Fitri diperkirakan sekitar 80 juta liter, sedangkan konsumsi solar akan turun menjadi sekitar 28 juta liter,” ungkapnya.
Sebagai langkah awal pengamanan, pemerintah dan Pertamina mengantisipasi jalur pendistribusian supaya tidak ada gangguan. Baik itu penyaluran BBM dan elpiji. Selain itu meningkatkan pelayanan di SPBU dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian/Dinas Perhubungan terkait langkah pengamanan terhadap pelaksanaan pendistribusian BBM dan elpiji, dengan begitu masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan mudik lebaran secara normal. (Rez)