Home Energy BBM Inilah Alasan Kenapa Pertamina Jual Mahal BBM di Papua

Inilah Alasan Kenapa Pertamina Jual Mahal BBM di Papua

0
Istimewa
ENERGYWORLD – PT Pertamina (Persero) mengakui jika pihaknya menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih mahal di wilayah Papua, dikarenakan mengeluarkan biaya tambahan untuk distribusi.
“Distribusi di Papua, setelah bedah secara riil, problem ini tidak bisa diselesaikan oleh Pertamina saja tapi butuh partisipasi Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, bagaimana mengatur harga yang lebih bersahabat dengan masyarakat,” tutur Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro  di Jakarta, Jumat (29/4/2016).
Memang ada beberapa solusi, kata Wianda, yakni seperti menambah tanki-tanki BBM yang ada di daerah Papua. Namun, proses itu melalui kerjasama dengan pemerintah kabupaten.
Lebih lanjut untuk daerah yang memiliki ketergantungan dengan angkutan udara seperti Wamena, harus disediakan pesawat khusus angkutan BBM
“Jadi jadwalnya sedikit bermasalah, beberapa pesawat rusak kan jadi kendala, makanya kita tidak bisa transport BBM kita. Kita tergantung kehandalan ini, jadi usulan kita pesawat khusus angkut BBM dan infrastruktur darat, penambahan jalan infrastruktur menuju lokas pengunungan,” tutup Wianda (REZ)