Home Ekbiz Corporate Pertamina Sambut Baik Rencana Holding BUMN Migas

Pertamina Sambut Baik Rencana Holding BUMN Migas

0
Wianda Pusponegoro

ENERGYWORLD – Seperti diketahui, Kementerian BUMN berencana untuk membentuk holding atau perusahaan induk untuk BUMN Migas pada tahun ini. Rencananya, PT Pertamina (Persero) akan menjadi holding, dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), akan berada di bawah Pertamina.

Dan bila PGN menjadi masuk di bawah holding Pertamina, tentu nilai aset Pertamina langsung melonjak dalam waktu singkat. Kemampuan Pertamina untuk menarik utang akan lebih besar.

“Tentu dengan adanya holding, nanti akan ada tambahan nilai aset. Dengan nilai aset yang besar, kita bisa memperoleh fleksibilitas pendanaan yang lebih besar. Jumlahnya lebih memadai, bisa untuk masuk ke blok-blok yang terminasi (habis kontraknya),” kata VP Corporate Communication Pertamina, Wianda A Pusponegoro, dalam diskusi di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Berdasarkan laporan keuangan 2015, laba bersih PGN US$ 418 juta, total nilai asetnya US$ 6,5 miliar. Sedangkan laba Pertamina pada 2015 US$ 1,4 miliar, total nilai aset US$ 45,5 miliar.

Wianda mengungkapkan, kinerja keuangan Pertamina akan terlihat makin bagus dengan adanya holding BUMN Energi. “Dari kinerja finansial Pertamina, kita makin solid,” pungkasnya. (Didis)