Home Biomassa Jepang Siap Bantu Indonesia Kembangkan Energi Biomassa

Jepang Siap Bantu Indonesia Kembangkan Energi Biomassa

0

ENERGYWORLD- Pemanfaatan energi biomassa memang menjadi salah satu alternatif untuk menjaga ketahanan energi nasional. Untuk itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggunakan energi biomassa untuk diubah menjadi bahan bakar cair dan gas sebagai upaya untuk beralih ke energi terbarukan.

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM) Hammam Riza menuturkan pihaknya dan Science and Technology Research Partnership for Substainable Development (Satreps) telah menemukan teknologi pemanfaatan energi biomassa yang ada di Indonesia untuk diubah menjadi bahan bakar cair dan gas.

Pemanfaatan energi biomassa tersebut didanai oleh Japan Science and Technology Agency (JST) dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Energi biomassa adalah jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti tanaman. Untuk mengubah jadi bahan bakar itu menggunakan teknologi gasifikasi,” kata Hammam.

Kegiatan ini, tambah Hammam, bertujuan untuk membahas dan mencari solusi akan krisis energi yang saat ini melanda global, termasuk Indonesia. Dia menuturkan saat ini Indonesia memasuki era lampu kuning dalam krisis pasokan energi nasional.

Dia menegaskan penggunaan BBM dari energi fosil juga berakibat pada permasalahan lingkungan global, yakni gas dan partikulat ekstrim dari emisi transportasi dan industri, dengan adanya kualitas udara yang memburuk. (Didi/EWINDO)

EWINDO atau EnergyWordlIndonesia dari  Meprindo Media Gruop – MMG