Home Ekbiz Corporate Kontrak Kerjasama Blok East Ambalat – PHE – Blok Central Bangkanai di...

Kontrak Kerjasama Blok East Ambalat – PHE – Blok Central Bangkanai di IPA 2016

0

ENERGYWORLD – Di sela-sela acara pembukaan The 40th IPA Convention dan Exhibition 2016, dilakukan penandatanganan dua kontrak wilayah kerja (WK) migas dan tiga perjanjian jual beli gas (PJBG). Dua kontrak WK terdiri dari blok migas konvensional, yakni Blok East Ambalat dan nonkonvensionalBlok Central Bangkanai. Blok East Ambalat dioperatori oleh PT Pertamina Hulu Energi dan Blok Central Bangkanai oleh Adaco Energy.

Penandatanganan kontrak WK dilakukan oleh Menteri ESDM Sudirman Said dan Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi bersama kontraktor.

Selain dua kontrak, Sudirman juga ikut menyaksikan penandatangan tiga kontrak PJBG. Pertama, kontrak PJBG antara ConocoPhillips (Grissik) Ltd dengan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) dengan jangka waktu 5 tahun dan pasokan 70 juta kaki kubik gas bumi per hari (MMSCFD). Dari perjanjian ini diperoleh tambahan penerimaan negara sebesar US$ 70 juta atau sekitar Rp 6,392 triliun.

Kedua, amandemen kontrak PJBG PT Medco E&P Indonesia dengan PT Meppo-Gen untuk pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kontrak berdurasi selama dua tahun dengan pasokan 10-16 miliar british thermal unit per hari (BBTUD). Dari kontrak ini potensi penambahan penerimaan negara sebanyak US$68,52 juta atau sekitar Rp 931,87 miliar.

Ketiga, kontrak PJBG PT Medco E&P Indonesia dengan Perusahaan Daerah Petrogas Ogan Ilir untuk industri di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kontrak berjangka waktu hingga 31 Desember 2019, dengan pasokan 1,3-1,6 BBTUD. Adapun penambahan pendapatan negara sebesar US$6,14 juta atau sekitar Rp 83,5 miliar. (Didis)