Home Ekbiz Rizal Ramli Minta PLN tak Pakai Produk dari Tiongkok

Rizal Ramli Minta PLN tak Pakai Produk dari Tiongkok

0

ENERGYWORLD – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengingatkan kepada PT PLN (Persero) untuk tidak memenangkan tander kelistrikan dari Tiongkok. Pasalnya produk Tongkok beraneka ragam mulai dari kualitas rendah sampai dengan kualitas terbaik.

“Nah dalam kaitannya dengan Tiongkok, kita harus ekstra hati-hati,” kata Rizal, di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Rizal Ramli memberi contoh pembangunan listrik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dimana sebagaian kelistrikan menggunakan produk Tiongkok, hasilnya banyak yang mengalami kerusakan.

“Yang pertama pengalaman listrik yang dulu kebanyakan Tiongkok teknologinya dan kebanyakan hampir semuanya alami masalah maintainance. Dan kalau tadinya digantikan kapasitas 100 persen ternyata hanya 70 persen sampai 80 persen sehingga biaya maintanance naik,” terangnya dia.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga mlebih teliti jika memang mendapat kiriman barang dari Tiongkok, karena pembelian teknologi dengan kualitas satu, tapi saat pengiriman tidak sesuai pesanan.

“Ini bisa terjadi kalau kita beli barang di Tiongkok kita sih teken mau yang KW satu tapi mereka deliver hanya KW dua atau KW tiga dan orang kita tidak teliti,” tutupnya. -rzh