Home Ekbiz Jarman: Pembangkit Listrik yang Mangkrak Berkapasitas Kecil

Jarman: Pembangkit Listrik yang Mangkrak Berkapasitas Kecil

0
Istimewa
ENERGYWORLD – Direktur Jendral Ketenaga Listrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman, memastikan 34 pembangkit listrik yang makrak tak berdampak segnifikan pada pasokan secara keseluruhan. Hal itu disebabkan kapasitasnya kecil-kecil, yakni mulai dari 2 MW sampau 25 MW dan lokasinya tersebar.

“Rata-rata kecil-kecil. Ada yang 2 MW, 3 MW, 10 MW, paling besar 25 MW. Totalnya ratusan MW, nggak banyak. Itu di luar Jawa semua, tersebar di Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara,” terang Jarman di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Sedangkan untuk melanjutkan proyek tersebut, jelas Jarman, membutuhkan tambahan anggaran, hal ini tergantung dari hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kita evaluasi dulu, nanti baru ketahuan berapa anggaran yang diperlukan untuk melanjutkan. Kan harus dievaluasi. Dan tak banyak tambahan daya mampu listrik yang diperoleh.” tutur Jarman.

Baca Sudirman Said Kembali Salahkan Pemerintahan Sebelumnya, soal 34 Pembangkit Mangkrak

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko mengungkapkan ada 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak sejak bertahun-tahun lalu. Padahal negara sudah mengeluarkan triliunan rupiah dari APBN untuk membangunnya. Sedangkan pembangkit listrik yang mangkrak tersebut adalah bagian dari Fast Tracking Project (FTP) I. Ini merupakan akibat banting-bantingan harga saat lelang proyek.

Seperti proyek di Kalimantan Barat yang mangkrak selama 8 tahun dengan menghabiskan anggaran Rp 1,5 triliun. Kemudian Gorontalo, dalam 8 tahun, pembangkit berkapasitas 2-25 mw baru selesai 47%. -rza/sun