Home Ekbiz Lewat AMI, Medco Resmi Caplok Newmont

Lewat AMI, Medco Resmi Caplok Newmont

0

ENERGYWORLD – ‎PT Medco Energi Internasional Tbk ‘MedcoEnergi” resmi mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional “AMI” yang mengendalikan 82,2 persen dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai USD2,6 miliar.

”Transaksi ini secara langsung memberikan nilai tambah strategis terhadap MedcoEnergi, mengingat operasi NNT yang berskala dunia. Kami berkomitmen untuk melakukan standarisasi tinggi keamanan, pengelolaan lingkungan, dan tanggung jawab sosial,” terang Presiden Direktur MedcoEnergi, Hilmi Panigoro dalam keterangan tertulis, di Jakarta, yang ditulis Jumat (1/7/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan, aksi yang diberikan oleh bankir Indonesia sudah seperti Internasional, karena lebih banyak melakukan transaksi strategisnya. Sedangkan penyelesaian transaksi akan menunggu persetujuan dari pemerintah dan pemegang saham MedcoEnergi.

Sebelumnya, beberapa perbankan telah melakukan peminjaman pendanaan kepada PT Medco dengan alasan akuisisi tersebut, seperti Bank Mandiri dengan aliran dana atas pinjaman konsorsium Bank BUMN (termasuk didalamnya ada Bank Mandri) kepada China Development Bank (CDB).

Berdasarkan data debitur pinjaman bank BUMN ke China Development Bank (CDB) sebanyak USD3 miliar, Grup Medco mendapat pinjaman senilai USD395 juta dari Bank Mandiri atau senilai Rp5,1 triliun. Dimana perusahaan tersebut terdiri dari PT Medco E&P Tomori senilai  USD50 juta, PT Medco Energy International TBK USD245 juta dan PT Medco Energi Internasional USD100 juta.‎ RKO