Home Energy BBM Rapat dengan 3 Menteri, Luhut akan Bahas Harga Avtur

Rapat dengan 3 Menteri, Luhut akan Bahas Harga Avtur

0
Pengisian avtur di pesawat /ist

ENERGYWORLD – Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku akan memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Arcandra Tahar, dan Menteri Pariwisata Arif Yahya untuk membahas mahalnya harga avtur di Bandara Soekarno-Hatta.

Luhut mengatakan, mahalnya avtur membuat biaya penerbangan tidak efisien karena bahan bakar pesawat di Indonesia lebih mahal 26 persen dibanding bandara di Singapura. Sehingga dengan menekan harga avtur membuat tiket pesawat juga bisa lebih murah, maskapai-maskapai Indonesia pun dapat bersaing dengan maskapai negara tetangga.

“Kita review semua, dari komplain Pak Budi Karya kenapa harga avtur di Bandara Soetta ini harganya 26 persen lebih mahal dari Singapura. Intinya kita dengan sekeliling ini bersaing. Jadi tidak boleh mahal-mahal, bersaing murah-murahan. Untuk itu efisiensi menjadi kata kunci. Jadi kami bersama-sama membuat lebih efisien lagi bidang kami masing-masing di Kemenko Maritim ini,” kata Luhut usai rapat di Kemenko Maritim, Jakarta kemarin.

Sebagai langkah awal, ia akan meminta Arcandra Tahar untuk segera melakukan kajian, biaya-biaya apa saja yang dapat ditekan supaya harga avtur di dalam negeri turun. “Saya minta Pak Menteri Tahar review semua cost Kita memang banyak inefisiensi di dalam negeri ini. Kita ingin lakukan efisiensi,” tutupnya. Rere/Red