Home Ekbiz Corporate SPLU Beji Lintar, Solusi Kebutuhan Listrik Masyarakat

SPLU Beji Lintar, Solusi Kebutuhan Listrik Masyarakat

0
SPLU Beji Lintar, /edo
ENERGYWORLD.CO.ID – PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya meresmikan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Beji Lintar pertama di daerah Jakarta Barat (4/8/2016).
SPLU ini diharapkan dapat menjadi solusi masyarakat terhadap kebutuhan listrik yang berada di tempat umum, terutama bagi masyarakat ekonomi menengah yang berusaha di bidang perdagangan khususnya di tempat umum. SPLU yang berada di Loksem (lokasi sementara) PKL Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat merupakan lokasi SPLU pertama di Indonesia. Diharapkan, SPLU akan tersebar di 200 lokasi dalam 16 area berbeda di DKI Jakarta sampai dengan tanggal 27 Oktober 2016, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71.
RRR

SPLU Beji Lintar
SPLU Beji Lintar

SPLU ini sendiri terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk stand dengan kapasitas 4 kwh dan hook dengan kapasitas 2 kwh. SPLU ini sendiri bersifat prabayar dengan menggunakan token. Cara menggunakan SPLU ini terbilang cukup praktis dan mudah. Pertama-tama, pelanggan harus mencatat nomor ID pelanggan yang tertera pada Box Beji Lintar. Kedua, pelanggan dapat membeli pulsa listrik di ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Indomaret/Alfamart terdekat. Selanjutnya, pelanggan dapat memasukkan nomor token, dan SPLU dapat digunakan dengan cara disambungkan ke alat elektronik anda.

Menurut Muhammad Efendi, Walikota Jakarta Barat, ada beberapa lokasi sementara SPLU yang akan menjadi perhatian utama pemerintah maupun PLN, salah satunya adalah Kota Tua. “Loksem Kota Tua diprioritaskan dari total 44 loksem di Jakarta Barat karena terdapat banyak pengusaha yang memerlukan daya listrik,” ujarnya.
Nama SPLU Beji Lintar sendiri diambil dari Beji yang dalam bahasa betawi artinya sumber, dan Lintar merupakan akronim dari Listrik Pintar. Diharapkan nantinya program anyar PLN ini dapat membantu mewujudkan mimpi masa depan Jakarta Smart City, yang notabene merupakan program dari pemerintah provinsi DKI Jakarta. Dengan melakukan percobaan di 200 lokasi di daerah berbeda di DKI Jakarta, PLN tidak menutup kemungkinan untuk melakukan evaluasi dan menciptakan inovasi terbaru terkait fitur, desain, keamanan, maupun lokasi beradanya SPLU itu sendiri.
“Masyarakat juga dihimbau agar bersama-sama menjaga dan merawat SPLU di daerah mereka masing-masing agar fasilitas umum tersebut dapat terus bisa melayani masyarakat secara optimal,”pungkasnya. (Ed/mgn/ewindo)