Home Dunia PLTN Fukushima Dihentikan Akibat Badai

PLTN Fukushima Dihentikan Akibat Badai

NUKLIR JEPANG

0

EnergyWorld.co.id – Para pekerja di PLTN Fukushima Daiichi yang bermasalah telah menghentikan beberapa pekerjaan pembongkaran namun bersiap untuk menahan angin dan hujan dari badai besar.

Hari Selasa (30/08/2016), pengelola menghentikan pekerjaan tersebut di pelabuhan PLTN. Mereka juga menghentikan pekerjaan derek yang digunakan untuk membongkar penutup sementara salah satu gedung reaktor. Para pejabat mengatakan mereka tengah mengamati secara cermat agar pelindung tidak terbang terbawa badai.

Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (TEPCO) mengatakan telah mengambil langkah guna mencegah air tanah dan air hujan tercemar bocor ke lautan. Pada terpaan badai-badai sebelumnya, diduga air tercemar bocor ke lautan melalui sistem pembuangan. Ada juga kekhawatiran bahwa air bawah tanah radio aktif kemungkinan bocor ke lautan karena hujan dapat menaikkan air bawah tanah di PLTN. Kali ini, pengelola telah memasang pompa lebih kuat dan menambahkan jumlahnya.

Langkah-langkah lain yang dilakukan terlebih dahulu yaitu pengendalian sistem pembuangan air ke dalam pelabuhan PLTN bukan langsung ke lautan. TEPCO juga meningkatkan dinding-dinding di sekitar tangki yang menyimpan air terkontaminasi. |NHK/AMK