Home Uncategorized Obama Batal Usulkan Perubahan Kebijakan Nuklir

Obama Batal Usulkan Perubahan Kebijakan Nuklir

0

ENERGYWORLD.CO.IDObama Tampaknya Batal Usulkan Perubahan Kebijakan Nuklir.  Surat kabar New York Times melaporkan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama tampakanya akan membatalkan sebuah usulan penting dalam upayanya untuk mencapai “dunia tanpa senjata nuklir”.

Obama tengah mempertimbangkan untuk tidak menggunakan senjata nuklir kecuali Amerika Serikat terlebih dahulu mendapat serangan senjata nuklir.

Usulan tersebut merupakan salah satu dari beberapa yang dipertimbangkan oleh Presiden Obama yang masa jabatannya akan berakhir bulan Januari mendatang.

Namun surat kabar tersebut hari Selasa (06/09/2016) menyebutkan bahwa Presiden Obama tampaknya akan menuruti saran dari penasehat keamanan nasional yang memperingatkan bahwa pernyataan “tidak menggunakan terlebih dahulu” bisa menimbulkan rasa tidak aman bagi sekutu-sekutu AS di Asia.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry dan Menteri Pertahanan Ash Carter mengungkapkan kekhawatiran bahwa dengan adanya tindakan Rusia dan Cina baru-baru ini, bukanlah saat yang tepat untuk mengeluarkan deklarasi semacam itu.

Menjelang Sidang Umum PBB akhir bulan ini, pemerintahan Obama tengah mempelajari berbagai cara lain untuk mencapai pelucutan nuklir.

Amerika Serikat telah mengajukan rancangan resolusi kepada Dewan Keamanan PBB untuk mendesak seluruh negara agar menahan diri dari melakukan uji coba ledakan nuklir. |NHK/ATA