Home Dunia Korut Uji Coba Hulu Ledak Nuklir

Korut Uji Coba Hulu Ledak Nuklir

0

ENERGYWORLD.CO.ID – Korea Utara melakukan uji nuklir kelimanya hari Jumat (09/09/2016). Media resmi negara itu menyatakan untuk pertama kalinya berhasil melakukan uji ledak terhadap sebuah hulu ledak nuklir.

Televisi Pusat Korea menyiarkan sebuah berita khusus pada sekitar pukul 1 siang hari Jumat waktu setempat, dan membacakan pernyataan oleh lembaga penelitian senjata nuklir Korea Utara. Pernyataan itu menyatakan ledakan nuklir berhasil dilakukan di sebuah lokasi pengujian di bagian utara negara itu, untuk mengukur kekuatan dari sebuah hulu ledak nuklir.

Disebutkan bahwa para peneliti berhasil menyelesaikan konfirmasi akhir dari struktur, kemampuan dan kekuatan sebuah hulu ledak nuklir, sehingga bisa dipasang di rudal balistik. Disebutkan juga bahwa Korea Utara sekarang kapan pun bisa memproduksi berbagai jenis hulu ledak nuklir dengan kemampuan serangan tinggi, dan dalam jumlah yang dibutuhkan, sehingga mengangkat kemampuan persenjataan nuklirnya ke tingkat yang lebih tinggi.

Para analis menyatakan Korea Utara mencoba menunjukkan kemajuan yang tampaknya sudah dicapai negara itu dalam mengembangkan hulu ledak nuklir yang bisa dipasang di rudal balistik.

Pemerintah Jepang dan Korea Selatan memastikan pengujian itu, setelah terdeteksinya getaran pada Jumat (09/09/2016) pagi dengan perkiraan kekuatan 5,3 di bagian timur laut Korea Utara. |NHK/ATA