Home Dunia PM Abe & Obama Sepakat Kerja Sama Soal Isu Korut

PM Abe & Obama Sepakat Kerja Sama Soal Isu Korut

Jepang, AS, Korsel Minta Sidang Darurat DK-PBB

0

PM Abe & Obama Sepakat Kerja Sama Soal Isu Korut

ENERGYWORLD.CO.ID – Jepang dan Amerika Serikat sepakat untuk bekerja sama dengan Korea Selatan agar bisa secepatnya mengesahkan resolusi yang berat oleh Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan sanksi-sanksi baru atas Korea Utara.

Atas permintaan Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Barack Obama berbicara singkat lewat telepon pada hari Jumat (09/09/2016), menyusul uji coba nuklir Korea Utara yang terbaru.

Abe mengatakan bahwa Korea Utara melakukan uji coba nuklir dalam selang waktu yang lebih pendek dibandingkan sebelumnya. Ia menyampaikan bahwa menurut Jepang tindakan tersebut benar-benar tidak dapat ditoleransi karena telah sangat mengganggu perdamaian serta kemanan kawasan dan internasional.

Abe menyatakan bahwa masyarakat internasional harus mengecam Korea Utara dan mengirimkan pesan kuat bahwa provokasi lebih lanjut tidak akan dibiarkan.

Presiden Obama sependapat dengan hal itu dan menyerukan kerja sama erat antara kedua negara serta Korea Selatan pada Dewan Keamanan PBB dan kesempatan-kesempatan lainnya. Ia mengatakan bahwa persekutuan Jepang-AS adalah solid dan bahwa komitmen AS terhadap keamanan Jepang tetap tidak tergoyahkan.

Jepang, AS, Korsel Minta Sidang Darurat DK-PBB

Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan mengadakan sidang darurat guna membahas bagaimana menanggapi uji nuklir terbaru Korea Utara.

Sebuah sumber diplomatik menyatakan sidang tersebut dilakukan di markas besar PBB di New York pada Jumat (09/09/2016) siang waktu setempat, atas permintaan Jepang, AS dan Korea Selatan. Ketiga negara berencana memimpin upaya untuk mengeluarkan pernyataan yang mengutuk Korea Utara, dan menyerukan negara-negara anggota PBB untuk dengan ketat dan bertahap menerapkan sanksi-sanksi terhadap Korea Utara.

Di bulan Maret lalu, dewan mengesahkan sebuah resolusi yang memperketat sanksi-sanksi termasuk larangan impor sumber daya alam seperti batu bara dan bijih besi dari Korea Utara.

Dewan Keamanan PBB sudah mengesahkan empat resolusi berisi sanksi terhadap Korea Utara, namun gagal menghentikan negara itu dalam menjalankan program nuklir dan rudalnya.| NHK/ATA