Home Ekbiz Gubernur Jabar Beri Ijin Eksplorasi Tambang di Garut, Bupati Rudi Geram

Gubernur Jabar Beri Ijin Eksplorasi Tambang di Garut, Bupati Rudi Geram

0
Bupati Garut Rudy-Gunawan /ist

ENERGYWORLD.CO.ID – Rudy Gunawan, Bupati Kabupaten Garut berang dan menuduh Pemprov Jabar telah mengeluarkan izin penambangan baru di daerah Pasir Bajing Tutugan, Leles Kab. Garut.

“Kami geram, termasuk dengan pemprov. Di Tutugan Leles ada pertambangan atas izin dari pemprov. Padahal kami minta agar tidak ada tambang baru dan kami memberikan izin rekomendasi, nah untuk itu kami mohon untuk tidak ada izin baru. Mohon ini ada konsistensi penegakan hukum,” katanya usai rakor dengan Pemprov Jabar di Bandung, Selasa (4/10/2016).

Namun Ahmad Heryawan (Aher), Gubernur Jawa Barat menegaskan, Pemprov Jabar berkomitmen dalam persoalan lingkungan, terutama untuk pemberian perizinan penambangan. Tentunya ada proses yang cukup ketat.

“Itu belum izin, baru izin eksplorasi. Tapi itu tidak salah karena disitu kawasan tambang,” ujarnya.

Pemprov, tegas Aher,  tidak mungkin memberikan izin rekomendasi untuk eksplorasi dan eksploitasi jika lahan itu peruntukannya bukan untuk pertambangan. Kalaupun ada keberatan Bupati, enggak ada masalah, keberatan tersebut menjadi bahan pertimbangkan, Menurut Aher  tidak mungkin Pemprov sembarangan memberikan izin.

“Sangat mustahil Pemprov Jabar merubah kawasan hijau menjadi kawasan tambang. Tidak mungkin. Saya kira petugas dan teman-teman di provinsi tidak sebodoh itu,” jelasnya.(GP/HER)