Home Ekbiz Inilah Menteri ESDM yang Dinanti dari Profesional, Siapa Mereka?

Inilah Menteri ESDM yang Dinanti dari Profesional, Siapa Mereka?

Panasnya perebutan Kursi ESDM 1

0

ENERGYWORLD.CO.ID  Nama yang muncul bertaburan memang untuk posisi MenESDM ini. Mereka ini menunggu waktu. Dan kita un demikian, karena sudah dua bulan lebih menteri ESDM kosong. Sejumlah nama muncul. Sebut saja Dwi Soetjipto dan Darmawan Prasodjo,  Tumiran, Widhyawan Prawiraatmadja, Ardian Nengkoda dan Eko Daryono. Ketiga nama yang disebut terakhir adalah yang saat ini kuat katanya.

Baiklah kita lihat siapa mereka itu. Berikut adalah kandidat yang akan duduk di kursi ESDM 1

Direktur-Utama-Pertamina-Dwi-SoetjiptoDwi Soetjipto

Saat ini Dwi menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero), meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen Kekhususan Manajemen Stratejik dari Universitas Indonesia (UI). Sebelum menyandang gelar Doktor, Dwi meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Andalas Padang, dan gelar Insinyur dari Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Darmawan Prasodjo /facebook
Darmawan Prasodjo /facebook

Darmawan Prasodjo

Atau biasa dipanggil atau disebut Darmo, Ia adalah seorang politikus PDIP yang saat ini menjabat sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP). Kader dari PDI Perjuangan ini direkrut oleh Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi Kepala Staf Presiden. Darmawan meraih gelar Sarjana dan Magister Ilmu Komputer dengan minor Teknik Industri dari Texas A&M University. Program doktoral di raih pada 2011 di bidang Ekonomi Sumberdaya Alam (Natural Resource Economics) pada universitas yang sama, dimana model dalam disertasinya diadopsi oleh perusahaan energi terkemuka di Amerika Serikat sebagai strategi untuk menerapkan teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) secara nasional. Darmo disebut-sebut juga sebagai orang yang merekomendasi AT alias Archandra Tahar, Menteri ESDM 20 Hari itu.

tumiran

Tumiran

Belakangan ada nama tokoh energi dari Dewan Energi Nasian (DEN) Tumiran namun nama Dr UGM itu lenyap lagi.

 

Ardian Nengkoda

Kandidat muncul yang  baru lagi untuk kursi ESDM 1 adalah Ardian Nengkoda maka siapa dia tokoh ini. Mari kita lihat perjalanannya. Informasi sejumlah sumber kalangan Oil & Gas namanya Ardian Nengkoda dikenal seorang professional yang luar biasa. Dia adalah satu-satunya orang Asia yang memenangkan penghargaaan Society of Petroleum Engineers (SPE) 2015 dalam proyek-proyek regional, pembangunan fasilitas dan konstruksi minyak di Abu Dhabi, UAE, dan penghargaan Gas Processors Association (GPA) Annual Technical Conference (San Antonio, Texas). Dia juga pemilik 6 hak paten dalam bidang migas.

Ardian terkenal dalam bidang oilfield technologist dengan background pendidikan Doktor bidang Chemical Engineering (Offshore methane gas hydrate production research), dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang induatri oil and gas E&P, projects, on&offshore, deepwater, marginal field, EOR technology, unconventional gas development.

Memiliki pengetahuan mendalam dalam bisnis gas upstream, midstream and downstream, serta R&D. Dia telah berpengalaman mengerjakan mega project sepanjang Oman, Saudi Arabia, Kuwait, Qatar, UAE, Algeria, Sudan, GoM, Norway & UK, Brazil, Indonesia, Pakistan, Thailand, Malaysia dan Australia.

Diantara ratusan karya tulisnya adalah: Integrated water chemistry study to support oil field development scenario; Hydrate Problems in Gas Lift Production: Experiences and Integrated Inhibition, Understanding of Oilfield Souring and Effective Monitoring: A Case Study; Gas Hydrate Problems in Desert of Sultanate of Oman: Experiences and Integrated Inhibition Program Authors, dan ratusan karya lainnya.

Saat ini Ardian bekerka di Aramco sebagai arsitek pengembangan gas, yang memimpin dan mengatur pengembangan mega gas lepas pantai Offshore Mega gas (FDP, design sampling & PVT fluid characterization, flow assurance & production chemistry, production strategy, drilling plan, facilities concept and design). Juga aktif menjalankan organisasi non-profit dalam sektor pendidikan sustainable energy dan menjadi sukarelawan untuk SPE dan IATMI sejak 1997, dosen tamu, training instructor, menjadi pelatih dan mentor bagi mahasiswa-mahasiswa di banyak negara.

Pengalamannya adalah di bidang: field development, offshore project management, operation, smart field, oilfield chemistry, flow assurance, facilities engineering, O&G processing, subsea, EOR unconventional gas/FLNG technology, fluid, energy & water management.

Kalangan pebisnis  Oil & Gas juga yang kami hubungi menyebutkan bahwa kalangan Oil & Gas menilai sepertinya pengalamannya sangat luas. Ardian memiliki pengetahuan oil and gas sangat baik. “Dia juga kenal banyak orang. Banyak kawan saya di middle east kenal dia,” kata serang pengusaha Gas yang sementara ini enggan disebutkan namanya.

Namun demikian ada kekurangannya, kata sumber tadi. “Cuma satu pengalaman memimpin agak kurang, kecuali saat di Oman, praktis dia hanya pelaksana dan posisi di Aramco saat ini juga kan sebagai senior engineer,” jelas sumber itu.

Masih kata sumber tadi Energi Sumber Daya Mineral,  adalah ruang kelola berharga dan bernilai. “Yang harus dibuktikan apakah dia mampu memimpin salah satu kementrian yang basah dan banyak political involvement itu, “kata sumber tadi.

07

Ardian dan Society of Petroleum Engineers / SPE 2015/ ist.

Ardian adalah putra Indonesia yang mampu menorehkan prestasi dalam dunia perminyakan dan industri perminyakan, ia juga pernah bekerja di Arab Saudi dan peraih penghargaan atas kinerjanya di industri perminyakan dunia dari Society of Petroleum Engineers/SPE.

SPE merupakan sebuah organisasi perminyakan internasional yang beranggotakan insinyur perminyakan di seluruh dunia. Penghargaan ini diberikan kepada Adrian karena selama 11 tahun berkontribusi di dunia perminyakan.

Ia diketahui telah turut di dalam cukup banyak mega proyek perminyakan di dunia, selain itu Adrian juga telah banyak menyumbangkan kemampuannya di dalam konferensi dunia, karya-karya tulis ilmiah yang tentunya sangat penting bagi perkembangan industri perminyakan dunia.

Dengan penghargaan SPE yang diraihnya ini juga membuat nama Adrian Nengkoda tercatat dalam sejarah sebagai orang Asia pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi itu.

eko-haryonoEko Daryono

Eko Daryono adalah Doktor Geografi dari UGM sangat sedikit data tentangnya namun nama dia kini kuat disebut. Ia Research Doctor dan juga Geomorphology. Sumber politik kami mengatakan bahwa Mas Eko sangat potensi masuk di dalam ESDM 1, alasannya belum tahu apakah karena sasama alumni UGM dengan Presiden.

wawanesdmWidhyawan Prawiraatmadja

Lahir tanggal 4 Agustus 1960. Berdomisili di Jakarta, Indonesia. Ditunjuk pertama kali sebagai Komisaris PT Pertamina (Persero) sejak tanggal 6 Mei 2015 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) No.SK-58/MBU/05/2015 tanggal 6 Mei 2015.

Widhyawan Prawiraatmadja meraih gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (1987) dan meraih gelar Master dan Doctor of Philosophy (PhD) di bidang ekonomi pada Hawaii University (2002).

Karir Widhyawan Prawiraatmadja antara lain sebagai Staf Khusus Menteri dan Kepala Unit Pengelola Kinerja, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, sebelumnya menjabat di SKK Migas (sebelumnya disebut BP Migas), dalam berbagai kapasitas yang meliputi: Deputi Bidang Pengendalian Komersial, Deputi Bidang Perencanaan, dan Sekretaris Pimpinan. Pengalaman sebelumnya termasuk bekerja untuk General Electric (GE) sebagai Country Executive GE Energy, dan sebelum itu sebagai SVP Corporate Planning. Sebagai catatan Wawan ernah berkali-kali dianggil KK sebagai saksi dari Kasus Rudi Riubiandini dah ia juga bersaksi di Tiikr sebagai saksi atas kasus Rudi SKK MIgas.

Kepentingan untuk  Menteri ESDM harus dari kalangan Profesional adlah langkah baik. Namun demikian kembali ke Presiden Joko Widodo dia akan memilih calon menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dari kalangan profesional yang mana?.

Akhirnya semoga dalam bulan ini Menteri baru sudah ada. Dan apakah siapa dia yang pasti akan duduk di ESDM 1 itu harus paham energi dan semuanya yang berkaitan diunia energi, maka hanya Presiden-lah yang tahu dan semua adalah hak preoregatifnya. | ATA/TIM RISET EWINDO