Home BUMN Pertamina-KAI Kembangkan Penggunaan LNG sebagai Bahan Bakar

Pertamina-KAI Kembangkan Penggunaan LNG sebagai Bahan Bakar

0

PT Pertamina bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan uji coba penggunaan LNG sebagai bahan bakar Kereta Api di Balai Yasa Yogyakarta, Selasa (11/10).

Sinergi ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kedua perusahaan yang dilakukan pada 28 Agusuts 2015 lalu. Di mana kerja sama tersebut meliputi berbagai bidang, salah satunya program konversi penggunaan HSD menjadi LNG.

“Program konversi penggunaan High Speed Diesel (HSD) menjadi Liquified Natural Gas (LNG) dalam operasional Kereta Api merupakan yang pertama di Asia Tenggara,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Langkah ini kata Wianda juga sebagai upaya dukungan kedua BUMN tersebut dalam mendorong pemanfaatan LNG untuk transportasi.

“Kami telah melakukan studi dan riset bersama melalui uji statis dan dinamis Kereta Pembangkit di Balai YasaYogyakarta pada tahun ini. Untuk dukungan LNG kami kirim dari Bontang ke Pulau Jawa, dengan isotank melalui perjalanan laut dan darat,” jelas Wianda.(chi/jpnn/rnz/red)