Home Ekbiz Corporate BISNIS JITU, MUTU DAN LAYANAN BAGI MITRA SANDVIK

BISNIS JITU, MUTU DAN LAYANAN BAGI MITRA SANDVIK

0

ENERGYWORLD – Mengembangkan bisnis agar terjaga dengan baik adalah dengan mempertahakankan dan meningkatkan kualitas produk disamping menjaga hubungan baik dengan client/pelanggan. Hal inilah yang dilakukan oleh  Sandvik Materials Technology adalah pengembang dan produsen produk terkemuka di dunia, dalam bidang baja tahan karat canggih berupa logam campuran khusus, untuk lingkungan yang paling menuntut serta produk dan sistem  pemanasan industri.

Sebagai produk yang bermutu tinggi, produk dan jasa,  Sandvik meningkatkan produktivitas kerja, membantu memastikan pekerja pelanggan keselamatan dan mengurangi dampak lingkungan dengan kunjungan ke lapangan/  lokasi-lokasi industri  untuk mengetahui lebih lanjut apa ada masalah-masalah serius yang perlu ditangani. Sandvik Technical Symposium merupakan platform yang bagus untuk memahami tantangan yang sedang dihadapi oleh para profesional industri dan berbagi informasi terkini terkait perubahan lanskap bisnis yang semakin pesat.

Meski ditengah derasnya kemajuan teknologi dan arus globalisasi serta pertumbuhan ekonomi yang tidak signifikan karena jatuhnya harga minyak, Sandvik tak gentar menghadapi dengan segala strategi bisnis yang dilakukannya seperti yang dikatakan oleh Eduardo Perea, Regional Sales & Technical Marketing Manager SE Asia, Tube Core & Standard Products, di kantor Sandvik, Jakarta (15/12/16). “Terlepas dari kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini, Indonesia memberikan banyak peluang yang belum dimanfaatkan bagi pertumbuhan bisnis, yang dapat diwujudkan melalui peningkatan kemampuan teknis lokal untuk memfasilitasi pembangunan infrastruktur dan peralatan yang lebih efisien,” ujarnya.

Tantangan terbesar lainnya datang dari China yang kini juga merajai pasar dunia. Hampir di seluruh dunia, barang-barang/produk China ada disekeliling kita. Mereka bahkan bisa menyamai produk seperti negara asal meskipun dengan kelas KW2 dst dengan harga yang jauh lebih rendah.

“Sandvik mempunyai kelasnya tersendiri. Meskipun mahal harganya, itu senilai dengan proses pembuatan produk yang tidak simple dan melalui tahap-demi tahap yang sangat detail sehingga produk bisa tahan sampai 20 tahun lamanya,” jelas Eduardo.

Lebih lanjut kata Eduardo kami juga akan selalu menjaga hubungan baik dengan client/pelanggan-pelanggan dengan selalu bertanya dan membicarakan terkait dengan produk. Kami juga memberikan pelatihan-pelatihan pada para pekerja dengan  memberikan pelayanan yang terbaik. Pernah satu kali clien kami memakai produk dari yang lain, dan akhirnya mereka kembali lagi ke kami dan memakai produk kami lagi. “Jadi meski harga tinggi, itu sebanding dengan mutu/kualitas dan jasa yang kami upayakan,” jelas Eduardo.

Sejalan dengan itu Magnus Brodin, Regional Sales Director for Sandvik APAC, Tube Core & Standard Products mengatakan bahwa Visi perusahaan adalah untuk menetapkan standar industri. Ini berarti bahwa perusahaan menetapkan patokan / standartbagi orang lain untuk mengikutinya. Dengan kata lain Sandvik bisa menjadi patokan standart produk yang patent untuk mutu atau kualitas yang terjamin.

“Dengan lebih dari 2.700 orang yang aktif dalam penelitian dan pengembangan, kami telah membentuk track record yang signifikan dalam komersialisasi produk baru dan solusi, banyak yang telah menjadi tolok ukur dalam industri pelanggan kami.Didorong oleh tantangan yang dihadapi pelanggan kami, kami terus berusaha untuk menetapkan standar industri baru, menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan memungkinkan kegiatan industri lebih efisien dan lebih aman. Pada Sandvik, kami merintis dan memiliki semangat, keahlian dan pola pikir inovatif untuk mengembangkan ide-ide baru ke dalam solusi,” tutur Magnus.

Tentu itu semua bisa dilakukan karena Sandvik memliliki  fondasi dan komitmen yang kuat dan untuk kesuksesan. Apalagi Sandvik telah jauh berpengalaman lebih dari  150 tahun yang lalu dengan kantor pusat di Swedia, konsep bisnis kami telah didasarkan pada inovasi, kepemimpinan teknologi dan dekat, hubungan pelanggan jangka panjang. Untuk memastikan kepemimpinan masa depan dan penciptaan nilai bagi pelanggan dan pemegang saham.

Pada presentasi dalam sebuah program baru, Sandvik Technical Symposium, di Jakarta untuk melatih dan melakukan sertifikasi kepada pekerja las dan fabricator yang bertujuan untuk lebih memperkuat berbagai industri hilir, seperti penyulingan minyak, pupuk dan petrokimia di Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh sejumlah ahli industri terkemuka. Dalam paparannya Magnus mengatakan Program Kualifikasi Fabricator,  itu meliputi; produksi dengan operasi ditambahkan, Febrication dan sub-kontraktor dukungan, layanan In-Produksi, Solusi dan aplications dukungan, Pengujian dan penilaian, Dukungan Material Invetigation, Bahan Academy.  Paparan itu digambarkan dengan ‘smart’ dalam seven finger (7 jari) kualifikasi fabricator

Dikatakan Eduardo berharap Indonesia dapat meningkatkan kemitraan bersama Sandvik dengan penawaran yang diajukan berupa, Lingkungan, kesehatan dan keselamatan, Inovasi, Focus pada Solusi, Kontrol,  Produksi,  Kualitas Kepemimpinan, Kepemimpinan Teknologi dan  R & D. Sedangkan keuntungan bagi kemitraan ini adalah Keandalan, Kinerja,  Kualitas,  Inovasi, Pembangunan dan Solusi.

Masih  kata Magnus strategis bisnis yang dilakukan adalah fokus pada kemampuan inti kami dan memastikan untuk menjadi nomor satu di segmen kami yang dipilih oleh pasar, Mempertahankan kemampuan kepemimpinan teknologi dan inovasi yang kuat, Menjamin akuntabilitas dan keputusan dekat dengan pelanggan tinggi, Memastikan stabilitas dan profitabilitas dan setelahnya pertumbuhan, berusaha untuk efisiensi dan berkesinambungan perbaikan. “Pastikan budaya melakukan hal yang benar – etis dan bertanggung jawab, mengembangkan dan mempertahankan orang-orang yang luar biasa sesuai dengan kemampuan dan skill yang diilikinya,“ pungkas Magnus. (Ussie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.