Home Ekbiz Corporate Platform 3D EXPERIENCE Dassault Systèmes :Teknology Digital Kilang Minyak Pertama

Platform 3D EXPERIENCE Dassault Systèmes :Teknology Digital Kilang Minyak Pertama

0

ENERGYWORLD – Platform 3D EXPERIENCE Dassault Systèmes :Teknology Mutakhir  Kilang Minyak Pertama di Palu, Indonesia. Pada Rabu  (27/9/17) telah diresmikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, oleh  Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di  Sulawesi Tengah yang ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti  dan  disaksikan oleh para investor untuk menanamkan modal di KEK Palu.  Ke depannya akan segera di buat kilang minyak yang pertama di Indonesia atas kerjasama PT.PGRC yang menggaet 19 mitra untuk merealisasikanya. Salah satunya dengan menggunakan Platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes.

Dassault Systèmes, perusahaan 3DEXPERIENCE, adalah sebuah perusahaan yangn menyediakan bisnis dan manusia dunia virtual untuk membayangkan inovasi berkelanjutan. Solusinya yang sudah terkemuka di dunia mengubah cara produk dirancang, diproduksi, dan didukung. Solusi kolaboratif Dassault Systèmes mendorong inovasi sosial, memperluas peluang bagi dunia virtual untuk meningkatkan dunia nyata. Kelompok ini memberikan nilai kepada lebih dari 220.000 pelanggan dalam semua skala, di semua industri, di lebih dari 140 negara.  3DEXPERIENCE, logo Compass dan 3DS, CATIA SOLIDWORKS, ENOVIA, DELMIA, SIMULIA, GEOVIA, EXALEAD, 3D VIA, BIOVIA, NETVIBES dan 3DEXCITE adalah merek dagang terdaftar Dassault Systèmes atau anak perusahaannya di US dan/atau negara-negara lain.

Platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes, akan digunakan untuk mengelola seluruh proyek kilang minyak PT PGRC di Palu, memberikan informasi multidisiplin mengenai semua aset secara real-time dalam lingkungan virtual 3D, tidak hanya di fase ini, namun juga sepanjang fase di pabrik dan fasilitasnya dari waktu ke waktu. Platform ini mampu merespon data real-time, yang memungkinkan manajer proyek membuat keputusan dengan lebih baik, yang akan mempengaruhi optimasi biaya, keamanan, perawatan, dan penjadwalan. Dirancang dengan fitur kolaborasi yang sudah terintegrasi, platform 3DEXPERIENCE juga akan mempersiapkan pekerja lapangan dengan lebih baik, memperbaiki manajemen proyek, menghilangkan silo, dan meningkatkan kerja sama.

Masaki Sox Konno, Managing Director, Asia Pacific South, Dassault Systèmes, mengatakan: “Sangat menarik melihat industri tradisional dan industri yang dikelola pemerintah seperti industri minyak dan gas menjalani transformasi digital dengan platform 3DEXPERIENCE kami. Kami juga senang ditunjuk sebagai mitra teknologi strategis dan bisa menyaksikan peluang dan potensi besar yang diberikan teknologi ini kepada proyek tersebut, dan dampak positifnya terhadap orang-orang yang terlibat.”

Proyek kilang minyak terintegrasi yang juga termasuk komplek petrokmia dan cadangan petroleum strategis (SPR) di KEK Palu akan beroperasi dengan proses teknologi yang sangat otomatis, memastikan efisiensi operasional, keselamatan dan keamanan saat memproses bensin, minyak diesel, dan minyak tanah berkualitas tinggi sesuai dengan standar Euro V dan Migas.

Dr. Mohammad Rusydi, Director, PGRC mengatakan, “Kami sangat antusias untuk membuat sejarah dengan pembangunan kilang minyak yang canggih ini. Selain menjadi fasilitas kilang minyak pertama di Indonesia dalam waktu yang lama, kilang minyak PGRC di kota Palu ini akan melalui proses konstruksi yang sepenuhnya dikelola dengan platform 3D yang inovatif dari Dassault Systèmes sebagai mitra teknologi kami. Kami yakin hal ini akan memungkinkan kami untuk melaksanakan dan menyelesaikan rencana kami dengan lebih baik. Keberhasilan proyek ini akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi KEK di Palu dan industri di daerah tersebut. Kerjasama strategis dengan Dassault Systèmes ini akan menghasilkan kilang minyak digital kembar bagi PGRC, yang berarti kami akan membangun dan mengarap versi digital dari  proyek kilang PGRC di Palu, bahkan sebelum memulai konstruksi fisiknya.”

KEK Palu adalah kawasan ekonomi pertama dari sembilan kawasan ekonomi yang dirancang pemerintah Indonesia dan yang pertama yang akan memiliki kilang minyak yang direncanakan. Kawasan seluas 500 Ha di sepanjang Koridor Ekonomi Sulawesi ini terbuka untuk pengembangan berbagai industri, serta menawarkan investor akses ke infrastruktur peraturan istimewa dan manfaat perpajakan untuk menstimulasi pertumbuhan di wilayah tersebut. Kehadiran PT PGRC di Palu akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan ini melalui rantai produksi yang optimal, serta dalam prosesnya menciptakan lapangan kerja lokal dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.| SUN/EWINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.