Home Ekbiz Corporate Philips Sinari Masjid Abdülhamid Han Turki

Philips Sinari Masjid Abdülhamid Han Turki

0

ENERGYWORLD – Masjid Abdülhamid Han di Kahramanmaras Turki kini bersinar. Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, baru-baru ini mengumumkan penyinaran Masjid Abdülhamid Han di Kahramanmaraş, Turki yang mampu menampung hingga 20.000 orang.

Didirikan dengan empat pilar, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 3.600 meter persegi serta memiliki empat menara masjid dan 32 kubah. Masjid yang dibangun antara tahun 1993-2011 ini dirancang oleh arsitek Hacı Mehmet Güner.

Penyinaran baru masjid ini ditujukan untuk terus menampilkan keagungan siang hari masjid ini hingga ke malam hari, menjadikannya sebagai simbol kota yang menghiasi cakrawala.

“Setiap kali saya memandang masjid ini, saya merasakan emosi yang berbeda. Pencahayaan baru ini menampilkan keindahan arsitektural bangunan dan menjadikannya simbol kota,” kata Mustafa Aksel Abacıoğlu, Kepala Departemen Survei dan Proyek di Pemerintah Kota Metropolitan Kahramanmaraş.

Untuk pencahayaan baru masjid, digunakan campuran lampu LED berwarna dan cahaya putih hangat. Untuk bagian eksterior, pilar-pilar masjid disinari dengan luminer Philips Vaya Flood LP RGB, sedangkan cahaya putih hangat digunakan di aula belakang untuk menonjolkan ilustrasi dinding.

Kubah utama bermandikan cahaya putih lembut yang dikelilingi oleh kubah-kubah lebih kecil yang berbalut pencahayaan berwarna. Menara-menara masjid diterangi dengan cahaya putih hangat yang dihasilkan oleh luminer Philips Vaya Flood LP G2, White & Mono LED sehingga menonjolkan bangunan yang mengagumkan ini.

Tempat wudhu di halaman masjid disinari dengan pencahayaan putih cerah dan pencahayaan berwarna diterapkan di kubah bagian dalam. Lampu putih hangat juga digunakan pada gerbang masuk menuju halaman untuk menyambut pengunjung sekaligus menampilkan fitur arsitektur masjid yang menakjubkan.

Selama terpasang diwaktu malam, cahaya dapat berubah-ubah disesuaikan dengan berbagai skenario pencahayaan yang diinginkan, yang menciptakan suasana indah di malam hari.

Pembangunan Masjid Abdülhamid Han dilakukan antara tahun 1993 dan 2011. Klien untuk pencahayaan baru masjid tersebut adalah Pemerintah Kota Metropolitan Kahramanmaraş dan proyek ini selesai pada bulan Mei 2016

Desainer Philips Lighting              Olcay Karamusaoğlu

Rekanan:                                             Untuk proyek ini Philips Lighting bekerjasama dengan HD Engineering Lighting

Teknologi yang digunakan:          Philips Vaya Flood Low Power G2 dan Philips Vaya Linear MP

Philips Lighting Indonesia juga telah menyinari beberapa masjid di Indonesia. Pada tahun 2016, Philips Lighting menyinari Islamic Center NTB di Mataram, Lombok, sebagai bagian dari penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI. Seperti masjid di Turki, Philips Vaya Flood luminaires putih dan berwarna juga digunakan untuk menciptakan tampilan menarik di malam hari selama acara berlansung. Philips juga menerangi tiga masjid di Palembang, Sumatera Selatan, yaitu masjid Ki Muara Ogan, masjid Algazali dan masjid Lawang Kidul. |RNZ

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.