Home BUMN Di Hari Listrik 73 Tahun, Jonan Minta PLN Promosi Kompor Listrik

Di Hari Listrik 73 Tahun, Jonan Minta PLN Promosi Kompor Listrik

0

ENERGYWORLD.CO.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan kepada PT PLN (Persero) untuk semakin menggencarkan promosi kompor listrik. Menurut Jonan pemakaian kompor listrik dinilai dapat mengurangi konsumsi LPG yang bahan bakunya mayoritas masih impor. “Saya anjurkan kepada rekan-rekan di PLN kalau cari pelanggan yang konsumsi listrik tinggi itu ya dipromosikan juga kompor listrik. Kita dorong supaya ada konversi pemakaian dari kompor LPG. Ini bisa kurangi impor LPG nasional,” ujar Jonan saat Hari Listrik Nasional (HLN) ke 73, Selasa (18/9/2018).

Jonan juga mengatakan konversi kompor LPG ke kompor listrik jauh lebih sederhana dan mudah, ketimbang mendorong penggunaan kendaraan listrik. Lagipula, harga untuk satu buah kompor listrik pun menurutnya masih relatif terjangkau.

“Kompor induksi (listrik) itu harganya ada yang Rp 300-400 ribu, masih relatif terjangkau, bisa juga pakai cicilan bayarnya,” jelasnya.

Jonan juga menekankan penggunaan listrik harus semakin merata dengan harga yang terjangkau.

Saat ini, rasio elektrifikasi nasional baru mencapai 97,15%. Masih ada sekitar 3% rasio elektrifikasi yang perlu dikejar. Artinya, masih ada sekitar 7,5 juta masyarakat Indonesia yang belum dapat menikmati listrik.

“Pemerintah selalu mendorong harga listrik makin lama makin terjangkau,” ujarnya.

POWER-GEN Asia 2018 bersama MKI mengelar forum khusus bagi para pelaku industri tenaga listrik Asia untuk bertukar ide, kerja sama bisnis, dan memperkuat koneksi global di Indonesia. Ini untuk pertama kalinya POWER-GEN Asia diselenggarakan di Indonesia dan digabung dengan peringatan HLN.

Saat ini pemenuhan kebutuhan listrik sangat tergantung pada ketersediaan energi yang dibutuhkan, sehingga sinergi pemanfaatan energi fosil (batu bara, gas bumi dan minyak bumi) dengan energi terbarukan dan energi baru makin penting demi menjamin keberlanjutan pertumbuhan sektor ketenagalistrikan Indonesia.

“Kami yakin pertemuan berskala internasional dan interaksi dengan 250 perusahaan/organisasi dan puluhan peserta di Paviliun Indonesia ini berhasil menarik para investor baik lokal maupun internasional. Hal ini menandakan tingkat kesadaran yang tinggi di antara para pemangku kepentingan dalam mendukung inisiatif terkait perkembangan sektor ketenagalistrikan nasional,” kata Iwan dari Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI).|RED/AME

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.