Home BUMN FSPPB: Karyawan Pertamina Kaget Kantor Pertamina Dipindah ke Gedung Milik LBP

FSPPB: Karyawan Pertamina Kaget Kantor Pertamina Dipindah ke Gedung Milik LBP

0
Istimewa
Gedung Pertamina /Istimewa

ENERGYWORLD.CO.ID – Kantor Pertamina Dipindah ke Gedung Milik Luhut Binsar Pandjaitan (LBP). Soal kantor Pertamina pindah ini EnergyWorld berhasil menelusuri kisahnya.

Berikut hasil wawancara lewat saluran Whatsapp dengan Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Arie Gumilar dimana ia sudah angkat bicara disejumlah media.

Betulkah ada rencana pemindahan Kantor pusat Pertamina di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, ke gedung milik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kuningan, Jakarta Selatan? Kok cepat ya proses nya, dan Kenapa Ke Kantor LBP?

Arie Gumilar: Rencana lama… tapi dulu rencana mau pindah ke gedung Pertamina Energy Tower yg akan dibangun di Kuningan. Tapi sampai sekarang pembangunan gedung tersebut tidak jalan.

Benarkah gedung lama akan jadi museum dan alasannya renovasi?

Arie Gumilar: Informasi yang didapat dari direksi pertamina cq dir Aset Manajemen. Gedung lama akan dihancurkan dan dibangun gedung baru yang kapasitasnya jauh lebih besar sehingga pertamina dan Anak Perusahaan (AP)-nya bisa jadi satu gedung. Gedung baru akan di design dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan. Alasan renovasi karena ada kajian dr LAPI ITB yang katanya menilai gedung Pertamina saat ini sudah kurang layak secara aspek safety. Jadi gedung lama dihancurkan dibangun gedung baru.

Kenapa ke Gedung milik LBP ?

Arie Gumilar: Ini juga yang membuat pekerja terkaget kaget…Jadi itu juga pertanyaan kami. Kenapa harus ke gedung Sopo Del punyanya LBP. Bukankah LBP selalu miring dalam menyoroti Pertamina terutama soal avtur. Harusnya direksi sekarang berani membatalkan ngontrak di gedung LBP yang pindah sementara ke gedung Sopo Del adalah yang dari gedung kwarnas dan gedung Anex Kantor Pusat. Sementara yang dari Gedung Utama pindah sementaranya ke Menara Mandiri II di SCBD Sudirman.

Wah semoga tidak jadi kasus seperti SKK Migas ya, dimana saat dipindah ke Menara Mulia ternayata ada kongkalikong yang libatkan mantan kepala BP Migas?

Arie Gumilar: Makanya kita berpikir jangan-jangan memang ada upaya untuk memindahkan kantor Pertamina dari Ring I istana. Kalau benar maka boleh jadi Pertamina sdh tidak lagi dianggap sbg perusahaan strategis di negeri ini. Pertamina seharusnya tetap menjadi perusahaan yang strategis bagi negara sampai kapan pun juga. Kepada semua pihak, tolong diperhatikan bahwa Pertamina adalah perusahaan migas yang sangat strategis bagi bangsa ini, sampai anak cucu kita bahkan sampai akhir zaman. Jadi Pertamina ini harus kita jaga sama-sama.

Dari data yang dihimpun ENERGY WORLD bahwa Proses kepindahan PT Pertamina EP dari Gedung Kwarnas Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat ini sedang berjalan. Dalam pengumuman No UM-519/102120/2019-57 disebutkan adanya lelang jasa pindahan atau movers Pertamina Kantor Pusat-Kwarnas ke Gedung Sewa Sopodel. Pendaftarannya dibuka sejak 07 Februari hingga 11 Februari 2019. Memang kabarnya PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) bakal pindah kantor. Menariknya, perusahaan hulu migas ini, bakal menempati Sopo Del Tower, milik Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan. Wow. Proses kepindahan PT Pertamina EP dari Gedung Kwarnas Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat.

Milik LBP

Gedung Sopo del Tower memang milik Menko Luhut yang pada 19 Januari 2019 dimana ada soft opening gedung baru miliknya, Sopo Del Office Tower and Lifestyle Center di kawasan Mega Kuningan III, Jakarta Selatan.

Melalui PT Toba Bara sejahtera Tbk (TOBA), Luhut membangun gedung megah yang terdiri dari tiga tower. Ciri khas Gedung gendung ini adalah eksterior dan interiornya kental budaya Batak. Nama “Sopo” diambil dari Bahasa Batak yang berarti rumah atau tempat bernaung. Sedangkan ‘Del’ berasal dari Bahasa Ibrani yang berarti selangkah lebih maju. Khusus nama ruangan juga takk jauh dari Bahasa Batak seperti Tahuluk, Sortali, Artia, Anggara, Ringkar, Sikkora, dan Samisara. Adapun kata Del berasal dari Bahasa Ibrani yang berarti “selangkah lebih maju”. Saat soft launching, Luhut mengaku tak pernah terbayangkan bisa memiliki gedung semegah itu.”Kami terharu kok bisa begini (memiliki gedung). Hidup itu ya begitulah, ini mistery of life,” kata Luhut dikutip dari Tempo.co

Semoga saja tak ada padangan lain atas pindahanan sementara kantor Pertamina ini da lebih pada nilai professional. Semoga! |AME/EWINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.