Home Ekbiz Tertekan Kekhawatiran Ekonomi, Harga Minyak Jatuh di Perdagangan Asia

Tertekan Kekhawatiran Ekonomi, Harga Minyak Jatuh di Perdagangan Asia

0
Istimewa

Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Rabu pagi, di tengah kekhawatiran perang perdagangan antara Amerika Serikat dengan China dapat memicu penurunan ekonomi global.

Namun pasokan minyak yang relatif ketat di tengah pengurangan produksi OPEC dan ketegangan politik di Timur Tengah menawarkan sejumlah dukungan bagi harga. Minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, untuk ulan Juni diperdagangkan di 69,85 dolar AS pada pukul 01.01 GMT (08.01 WIB), turun 26 sen atau 0,4 persen, dari penutupan sesi terakhir. Minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI), berada di 58,70 dolar AS per barel, turun 44 sen atau 0,7 persen dari penyelesaian terakhir mereka.

“Minyak mentah melemah … terutama karena bearish permintaan lebih unggul dibandingkan dengan kenaikan pada pasokan,” kata James Mick, direktur pelaksana dan manajer portofolio energi perusahaan investasi AS Tortoise. “Investor khawatir dari perspektif makro tentang permintaan di seluruh dunia, khususnya dalam menghadapi sengketa perdagangan yang berkembang antara AS dan China,” katanya.

Fawad Razaqzada, analis di pialang berjangka Forex.com, mengatakan kekhawatiran lain adalah bahwa “turunnya mata uang pasar negara berkembang membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar AS lebih mahal untuk dibeli di negara-negara itu,” dan bahwa harga minyak mentah bisa jatuh kembali.|CN/EWINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.