Home BUMN Aset BUMN Rp 8000 Triliun, Jika Semua Dijual Cuma Bisa Dapat 5...

Aset BUMN Rp 8000 Triliun, Jika Semua Dijual Cuma Bisa Dapat 5 Persen?

0

ENERGYWORLD.CO.ID — Mantan Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid di tahun 2000 dan Mantan Menko Maritim dan Sumber Daya zaman Presiden Joko Widodo tahun 2015, Rizal Ramli ungkapkan bahwa BUMN-BUMN Indonesia memiliki aset senilai Rp8000 triliun.

“Tapi sayang, ‘return on equity‘ BUMN hanya lima persen. Kasarnya, seandainya kita bubarkan semua BUMN, dan taruh uang di bank, bisa dapat 8 persen paling enggak, atau bisa negosiasi sampai 10 persen. Jadi ngapain aja direksi BUMN selama ini,” kata Rizal Ramli di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Itulah sebabnya Rizal Ramli bisa mengerti jika Menteri BUMN baru, Erick Thohir terkaget-kaget melihat kondisi yang ada.

“Jadi wajar kalau Menteri BUMN yang baru kaget banyak BUMN rugi. PTPN rugi Rp50 triliun, Krakatau Steel rugi Rp38 triliun. Perusahaan karya, konstruksi, utang dibanding ‘ebitda‘ 8-9 kali. Kalau di swasta 4 kali saja heboh,” imbuh eks Tim Panel Ekonomi PBB ini blak-blakan.

Namun jika dibanding Menteri BUMN sebelumnya, Rizal berpendapat Menteri BUMN Erick Thohir bisa lebih baik.

Secara blak-blakan tanpa sungkan-sungkan Rizal menilai yang sebelumnya sangat ‘moody’. Jika dia senang dengan seseorang, dia angkat. Kemudian kalau dia gak suka dipecat. Lucunya sampai ada yang sudah dipecat kemudian diangkat lagi.

“Pertamina dalam lima tahun sampai tiga kali ganti direksi, bagaimana mau kerja. Jadi Ibu yang ‘moody‘ itu selalu dilindungi oleh bapak presiden. Saya gak tahu alasannya apa. Tetapi kejadian ini semua kebuka semua.’Unfortunately‘ kebuka di bawah Menteri BUMN lama yang baru,” syukurnya.

“Saya seneng, berani, tegas, ‘sent a messages‘. Saya percaya banyak masalah di indoneaia bisa diselesaikan. Kalau kita pilih orang bagus, kita bisa tidur. Tapi kalau kita pilih orang yang bermasalah, kitanya yang tidak bisa tidur,” pungkas Rizal menaruh harapan. |KPC/WAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.