Home Energy INPEX Masela Tandatangan MoU Jual Beli Gas dengan PT PLN dan PT...

INPEX Masela Tandatangan MoU Jual Beli Gas dengan PT PLN dan PT Pupuk Indonsia

0
Ilustrasi

ENERGYWRLD -INPEX Masela, selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT PLN dan PT Pupuk Indonesia untuk mensuplai kebutuhan gas kedua perusahaan tersebut dari Proyek LNG Abadi, Wilayah Kerja Masela, di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

“Hari ini kita menyaksikan komitmen dari perusahaan nasional yang mempunyai ketertarikan memanfaatkan LNG yang dihasilkan Proyek Abadi untuk kebutuhan pembangkit tenaga listrik oleh PT PLN (Persero), dan juga PT Pupuk Indonesia yang tertarik untuk membeli gas bumi sebanyak 150 MMSCFD selama 20 tahun,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Ungkap Arifin, Kementerian ESDM mendukung MoU ini seiring dengan kebijakan konversi bahan bakar pembangkit listrik dari BBM ke gas. “Saat ini Pemerintah sedang melakukan konversi bahan bakar pembangkit dari BBM ke gas. Oleh karena itu, saya sangat mendukung MoU untuk rencana penyaluran gas dari lapangan Abadi ke PLN dan penyaluran gas ke industri pupuk dalam negeri,” kata Arifin.

Arifin berharap MoU ini dapat mendorong kepastian pengembangan Proyek Abadi Masela dan Engineering Procurement Construction (EPC) dapat dimulai pada 2022.

Nota Kesepahaman ini juga merupakan satu tahap pencapaian dari pengembangan Proyek LNG Abadi Masela. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah dan industri hulu migas dalam memenuhi permintaan gas dari dalam negeri.

“Penyerapan gas oleh Pupuk Indonesia dan PLN menunjukkan komitmen Pemerintah dan industri hulu migas untuk memprioritaskan permintaan gas dari dalam negeri sebagai upaya bersama untuk meningkatkan daya saing industri nasional untuk membangun perekonomian Indonesia yang berkelanjutan,” jelas Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Lapangan Abadi Masela ditargetkan onstream pada Kuartal II 2027 dengan kumulatif produksi selama kontrak sebesar 16,38 TSCF (gross). Adapun penjualan gasnya sebesar 12,95 TSCF dengan kapasitas produksi Kilang LNG 9,5 MTPA dan 150 MMSCFD untuk Gas Pipa, serta produksi kumulatif kondensat sebesar 255,28 MMSTB.*lMANG-EW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.