Home BUMN Terra Drone Indonesia Demonstrasikan Manajemen Vegetasi Transmisi Listrik ke PLN UIT Jawa...

Terra Drone Indonesia Demonstrasikan Manajemen Vegetasi Transmisi Listrik ke PLN UIT Jawa Bagian Tengah Menggunakan Drone

0

ENERGYWORLDINDONESIA – Terra Drone Indonesia kembali lakukan demonstrasi solusi teknologi drone ke jajaran PT PLN (Persero), kali ini kepada Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Tengah (JBT). Solusi yang didemostransikan merupakan pemanfaatan teknologi drone untuk manajemen vegetasi di jalur transmisi listrik.

“Sebelumnya Terra Drone Indonesia juga pernah melakukan demonstrasi ke beberapa unit PLN lain seperti UIT Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) dan UP3B Kalimantan Barat. Kegiatan dilakukan di kantor PLN UIT JBT dan demonstrasi dilakukan di daerah Batununggal, Bandung. Kegiatan demonstrasi juga dihadiri langsung oleh Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana, serta perwakilan PLN dari beberapa wilayah di Jawa Barat & Tengah seperti Purwokerto, Salatiga, Karawang, Cirebon, dan Bogor,” ujar Michael Wishnu Wardana (Managing Director Terra Drone Indonesia dalam rilisnya yang diterima Redaksi pada Kamis, 30 Juli 2020.

Dalam presentasinya, Michael juga menjelaskan berbagai pemanfaatan drone di sektor energi kelistrikan, antara lain detail perencanaan operasi drone, serta output yang diperoleh. Terra Drone Indonesia memperkenalkan metode manajemen vegetasi menggunakan drone jenis fixed wing yang memiliki keunggulan dibanding multirotor dalam hal produktivitas pengambilan data.

Terra Drone Corporation Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan.

Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

PLN biasa melakukan kegiatan manajemen vegetasi dengan mengirimkan personil untuk menyusuri jalur transmisi. Hal tersebut membutuhkan waktu cukup lama dalam pengerjaannya, serta membahayakan para pekerja karena berdekatan langsung dengan sumber listrik bertegangan tinggi.

“Dengan menggunakan drone, hal tersebut dapat diminimalisir, serta dapat menghasilkan data yang detail dan terperinci. Selain itu, drone juga menjadi opsi teknologi yang ekonomis,” pungasnya. (AME/EWINDO)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.