Home BUMN Bantu Anak Muda, HR Migas Community Buka Klinik

Bantu Anak Muda, HR Migas Community Buka Klinik

0

ENERGYWORLDINDONESIA (ENERGYWORLD.CO.ID) – Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan dunia kerja sangatlah ketat. Sumber daya manusia yang ada lebih banyak daripada lapangan kerja yang tersedia.

Persaingan ketat membuat orang berlomba-lomba meningkatkan kualitas diri dan mencari cara-cara tertentu untuk dapat bersaing. Tak jarang anak-anak muda yang baru saja lulus dari perkuliahan bingung karena harus diburu dengan kebutuhan persiapan yang matang agar tidak kalah adu. Sesuai dengan kebutuhan tersebut acara “National Energy Week” memberikan wadah bagi siapapun khususnya anak muda Indonesia untuk dapat mengenal dunia kerja.

Teman-teman komunitas HR Migas Community atau sering disebut dengan HRMC, turut memberikan dukungan pada rangkaian acara job fair “National Energy Week” yang diselenggarakan oleh Komunitas Migas Indonesia Chapter Rusia dan Eropa Timur (KMI-RET) pada hari ke-5 rangkaian acara.

HR Migas Community Indonesia adalah komunitas Human Resources (HR) Indonesia yang berkecimpung di bidang minyak dan gas. HRMC membuka “klinik” untuk memberi suguhan “gizi” bagi para peserta acara untuk memberdayakan generasi muda. Namun sebenarnya “klinik” yang dimaksud bukanlah klinik kesehatan yang berisi praktisi kesehatan dan pasien, melainkan “klinik” ini adalah ruang media daring pada aplikasi zoom guna membantu mempersiapkan peserta yang mayoritas adalah anak muda dalam meniti karir.

Mengusung tema utama “Career Clinic”, acara tersebut membagi peserta ke dalam delapan ruang zoom berbeda dengan delapan topik berbeda yang disajikan pada masing-masing ruang media. Delapan topik yang dihadirkan antara lain adalah topik Preparing to be a Global Talent, topik Behavioral Based Interview, topik Develop your Soft Skill for Future of Work and Business, topik Mastering your Hard Skills, topik Mental Health for Career, topik Preparing to be a Digital Workforce, topik Diversity and Inclusion Driven Culture, dan topik Stay Competitive: Learn, Relearn and Unlearn.

Beragam topik tersebut dibawakan oleh 14 narasumber yang menguasai topik yang bersangkutan di antaranya ada Juliana Tompodung yang merupakan Founder dari HRMC sendiri dan Nine Novisundarie selaku Co-Founder HRMC.

Peserta acara diperbolehkan memilih bebas ruang media sesuai dengan topik yang diperlukan saat ini atau yang diminati . Topik yang paling banyak peminatnya adalah topik Behavioral Based Interview yang cocok bagi peserta yang baru saja dan akan lulus kuliah karena pada topik tersebut dibahas hal-hal yang bersangkutan dengan pertanyaan interview pada dunia kerja. “Topik pada ruang ke-2 (Behavioral Based Interview) seru dan menyenangkan, banyak diberikan info-info mengenai pertanyaan interview.

Ada semacam roleplay yang berperan sebagai pewawancara dan yang diwawancarai sehingga acara semakin menarik.”- ungkap Liswanda Ayu salah satu peserta career clinic di acara “National Energy Week”.

Meskipun begitu, topik-topik lain juga sama menariknya. Misalnya, terdapat pula topik yang tidak kalah penting, seperti topik Mental Health for Career yang mengangkat isu kesehatan mental. Pada ruang sharing dengan topik tersebut, peserta diajak untuk memahami apa itu mental health, bagaimana pengaruhnya, mengatasi setiap tahapan kehidupan yang berubah, serta bagaimana caranya berdamai dengan keadaan.

Berbeda dari job fair di hari-hari sebelumnya yang lebih mengarah ke company sharing, pada Career clinic dari HR Migas Community Indonesia berhasil menjadi sajian akhir yang spesial dari rangkaian acara diskusi panel dan job fair “National Energy Week” dengan membagikan informasi dan berdiskusi dengan peserta sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia karir.

(Rizky Adinda Azizah)

ENERGYWORLD.CO.ID sebagai media partner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.