Home AMDAL PLTG CNG Jakabaring Palembang Meledak

PLTG CNG Jakabaring Palembang Meledak

0
Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri meninjau lokasi kebakaran di PLTG CNG Jakabaring, Jumat (16/4/2021) Foto odi aria saputra-sripoku.com

ENERGYWORLD.CO.ID –  Belum usai dan tuntas kasus meledaknya kilang Balikpapan dan juga kilan Balongan. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Jakabaring meldak. Ada apa?

Di lansir media palembang.tribunnews.com yang memberitakan bahwa  Eko, salah seorang security yang sedang berjaga di Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Jakabaring sedang berjaga saat musibah kebakaran terjadi, Jumat (16/4/2021).

Namun dirinya kaget saat melihat api berkobar di salah satu gardu back up PLTG CNG di Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang tersebut.

“Saya tidak tau dari mana asalnya api, saat saya jaga tiba-tiba ada api,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Eko yang sedang berjaga dengan beberapa temanya sempat panik dan coba memadamkan api.

Para warga sekitar yang melihat kobaran api pun langsung menuju ke lokasi dan membantu petugas memadamkan si jago merah.

Kobaran api di PLTG pun sempat membesar dan membumbung tinggi.

Bahkan sempat terdengar ledakan di lokasi kejadian.

“Saya sempat shock melihat api, tadi juga sempat ada ledakan. Beruntung ada warga yang membantu dan PBK datangnya cepat sehingga api bisa dipadamkan,” terangnya.

Kebakaran besar yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Jakabaring berhasil dipadamkan, Jumat (16/4/2021) sekira pukul 06.30.

Kebakaran tersebut dikarenakan sebuah Gardu Back Up yang berada di dalam PLTG terbakar.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. SDM dan Umum PLN UPDK Keramasan, Ira Mayasari mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 05.30.

Beruntung, hanya sekitar satu jam api berkobar dan belum sempat menjalar ke tempat lain si jago merah berhasil dipadamkan oleh dua unit pemadam kebakaran.

“Kebakarannya belum tahu karena apa, saat ini masih kita selidiki. Alhamdulilah tak ada korban jiwa,” katanya ditemui di lokasi kebakaran.

Dijelaskannya, PLTG Jakabaring milik PLN yang dahulunya difungsikan sebagai back up listrik di kawasan Jakabaring pada saat pelaksanaan Asian Games 2018.

Namun, setelah pelaksanaan event akbar daya listrik di kawasan ini dirasa sudah terpebuhu dan PLTG tidak lagi beroperasi.

“Daya di PLTG ini sebesar 17 mega watt. Sebelumnya PLTG hanya untuk Asian Games sekarang tidak dipakai lagi. PLTG ini sifatnya sekarang hanya stan by,” jelasnya. Maka timbul pertanyaan kenapa pada meledak apakah tidak ada perawatan dan kontrol?(RED/EWINDO)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.