Home Biomassa Menteri ESDM Tak Berkutik, Saat Dibedah Anggaran Rp 287 Milyar Tak Ada...

Menteri ESDM Tak Berkutik, Saat Dibedah Anggaran Rp 287 Milyar Tak Ada Gunan Buat Rakyat

0
Ir. Hj. ANDI YULIANI PARIS, MSc Anggota DPR RI dari Fraksi-PAN/ist

ENERGYWORLDINDONESIA –  Sebuah Video berdurasi 4.14 menit dari saluran TV Ruang Sidang DPR RI itu viral. Isinya menarik karena dalam tayang itu anggota Komisi VII Ir. Hj. ANDI YULIANI PARIS, MSc yang membidangi Energi, Riset dan Teknologi sedang rapat kerja dengan Pak Menteri ESDM sedang mencerca soal anggaran Kementerian ESDM.  Kalimat yang menohok dari tayangan itu berbunyi:

“Pak Menteri, Saya Nangis Pak Lihat Anggaran Kementerian ESDM 287 Milyar Hanya Untuk Bikin Kebijakan, Gak Ada Gunanya Untuk Rakyat..,” papar Andi Yuliani Paris dari Fraksi-PAN, itu.

Sejumlah orang bertanya awalnya siapa anggota DPR RI ini yang lantang. Keren banget ibu ini.

Beredarnya sebenarnya sudah sejak pada 2 Juni 2021 namun makin viral karean link nya menyedbar di sejumlah WA group.

Terlihat dalam tayangan itu Andi Yuliani anggota DPR RI dari Dapil Sulawesi Selatan II ini makin lantang dan sedihnya nampak tak terhalau lagi dan dia mengatakan:
“Pak Menteri, Saya Nangis Pak Lihat Anggaran Kementerian ESDM 287 Milyar Hanya Untuk Bikin Kebijakan, Gak Ada Gunanya Untuk Rakyat..”

Dalam rapat kerja Komisi VII DPR dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kem. ESDM) memang sasarannya adalah Menteri ESDM Arifin Tasrif dan para stafnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Dari penulusuran redaksi bahwa Rapat kerja tersebut membahas Asumsi Dasar Makro Sektor ESDM RAPBN Tahun Anggaran 2021, Penetapan Asumsi Dasar Makro Sektor ESDM RAPBN Tahun Anggaran 2021 dan Pengantar Pagu Indikatif RKP K/L dan RKA K/L Tahun Anggaran 2022.

Dalam rapat kerja itu anggota DPR mempertanyakan dan menggugat anggaran Kementerian ESDM yang hanya untuk bikin kebijakan, bikin rekomendasi, bikin studi, menghabiskan anggaran Rp 287 Milyar.

“Pak Menteri, saya kadang nangis lihat Anggaran 2021 Kementerian ESDM, Rp 287 Miliar hanya untuk bikin kebijakan, bikin rekomendasi, bikin studi, itu gak ada gunanya Pak untuk rakyat,” kata Andi Yuliani lagi.

Ia mengulang terus bahwa dirinya nangis melihat anggaran ini… dimana hati nurani Bapak/Ibu di Kementerian ESDM? “Saya tahu ini tidak bisa diperiksa KPK atau BPK, karena ini intangible gak kelihatan, tapi bapak-bapak gak punya hati semuanya….,” tegasnya.

Berikut profile lengkap Anggota DPR RI Ir. Hj. ANDI YULIANI PARIS, MSc dari Fraksi-PAN, dari Dapil Sulawesi Selatan II. Andi Yuliani adalah jebolan S1 Institut Pertanian Bogor (1984 – 1988), dan melanjutkan master dain  Regional Planning and Management, Dortmund University, Jerman (1995 – 1996) dan S3 Administrasi Publik dan Manajemen Pemerintahan, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Menteri ESDM nampaknya tak berkutik atas pernyataan Andi Yuliani ini. Dan bisa jadi Ibu satu ini adalah yang paling berani saat ini ditengah semua orang manggut-manggut saja soal anggaran, yang mana banyak merugikan bangsa ini. (ahme/ewindo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.