Home Ekbiz Corporate SEMANGAT MENJAGA PLN

SEMANGAT MENJAGA PLN

0
Ahmad Daryoko Koordinator INVEST.

Oleh : Ahmad Daryoko
Koordinator INVEST.

Mengikuti Webinar (Seminar online) terkait kehandalan Transmisi 500 KV PLN Jawa-Bali dng pembicara seorang General Manager yang membawahi unit Transmisi tsb bersama pembahas IR. Djiteng Marsudi (mantan Dirut PLN)dll , Jum’at 9 Juli 2021, sungguh menarik !

Meskipun yg dibahas adalah konteks kehandalan system kelistrikan yg sangat teknis, tetapi disitu menunjukkan bahwa peran kompetensi baik “hard competency” maupun “soft competency” sangat dibutuhkan, mengingat instrumen kelistrikan yang rumit. Target operasional adalah untuk menjaga kehandalan pasokan maupun kwalitas frekuensi listrik agar tdk terjadi “kerdipan” listrik. Sehingga sekali lagi dibutuhkan keahlian dan kedisiplinan yang tinggi.

Sangat kontras dng situasi diatas sana ( para oknum Menteri dan Parlemen) yang seenaknya menggunakan kekuasaan malah “mencaplok” PLN di semua lini baik pembangkit, transmisi,distribusi , maupun ritail sehingga terjadi “Unbundling” dan melanggar putusan MK No. 001-021-022/PUU-I/2003 tgl 15 Desember 2004 dan putusan MK No. 111/PUU-XIII/2015 tgl 16 Desember 2016. Atau dengan kata lain telah melawan Konstitusi/ UUD 1945. Yang semua itu akan berakibat kenaikan tarip listrik tak terkendali karena semuanya sudah dikuasai Aseng/Asing melalui mekanisme pasar bebas !

Apapun komoditinya kalau sdh diperjual belikan secara mekanisme pasar bebas, maka Pemerintah akan lepas kendali (tdk bisa mengontrol harga) kecuali bila masih mampu mengeluarkan subsidi ! Tapi ingat subsidi ini diambilkan dari hutang LN yg semua itu harus dibayar oleh anak/cucu kita kelak ! Artinya subsidi dari hutang LN tsb hanya dinikmati oleh segelintir “oknum” pejabat yg memiliki perusahaan listrik dan menggaet Aseng/Asing untuk “mencaplok” PLN !!

KESIMPULAN :

Kontras antara karyawan PLN yg masih memiliki jiwa korsa dan oknum Menteri dan Parlemen yg hanya berpikir untuk kepentingan politik dan bisnis !

Innalillahi wa Inna ilaihi roojiuunn !!

MAGELANG, 9 JULI 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.