Home Ekbiz Corporate Mitsubishi Power Mulai Operasikan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gas GTCC 500 MW...

Mitsubishi Power Mulai Operasikan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gas GTCC 500 MW di Indonesia

143
0
Pembangkit Listrik Muara Karang Dioperasikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Pantai Barat Laut Jawa | IST
Pembangkit Listrik Muara Karang Dioperasikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Pantai Barat Laut Jawa | IST

ENERGIWORLD.CO.ID – Tokyo, 28 Oktober 2021, Mitsubishi Power, penyedia solusi energi dari Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. (MHI), telah menyelesaikan instalasi, pengujian dan inspeksi (commissioning) sistem pembangkit listrik GTCC berbahan bakar gas alam 500 megawatt (MW) untuk Pembangkit Listrik Muara Karang, yang telah beroperasi secara komersial. Fasilitas baru ini dibangun di pantai barat laut Pulau Jawa oleh PT. PLN (Persero). Pemasangan sistem GTCC yang paling efisien di Indonesia ini juga merupakan bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan pasokan listrik hingga 35 gigawatt (GW). Mitsubishi Power juga mendukung upayapemeliharaan dan pengelolaan sistem GTCC melalui pemantauan jarak jauh dan penempatan teknisi penuh waktu di lokasi setelah dimulainya operasi.

Pembangkit Listrik Muara Karang terletak kurang lebih 10 kilometer barat laut dari pusat ibu kota Jakarta. Hal ini menyebabkan pembangkit listrik tersebut akan berperan penting dalam mendukung pembangunan perkotaan dengan memenuhi peningkatan permintaan listrik di seluruh wilayah Jawa Barat yang berpusat di Jakarta, dan memfasilitasi pembangunan infrastruktur sistem transportasi perkotaan seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT), yang akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia dan Kota Jakarta pada khususnya. Sistem GTCC dipasang di lokasi yang bersebelahan dengan kompleks pembangkit listrik Muara Karang yang sudah ada. Meski dengan banyaknya keterbatasan dikarenakan COVID-19, Mitsubishi Power mampu menyelesaikan instalasi peralatan dan menyelesaikan kontrak sebulan lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) PLN, Ratnasari Sjamsudin menyambut baik pencapaian ini: “Pembangkit listrik ini merupakan pembangkit penting yang memasok listrik ke fasilitas penting di wilayah metropolitan. Kami dari PLN sangat mengapresiasi kinerja baik dari Mitsubishi Power dan kontribusinya untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi dan memampukan PLN untuk dapat memulai kegiatan operasional satu bulan lebih awal dari yang dijadwalkan meskipun dengan berbagai kendala seperti COVID-19.”

Mengenai dimulainya operasi pembangkit listrik, Kazuki Ishikura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Power Indonesia berkomentar: “Di Indonesia, penting untuk memprioritaskan solusi bagi masalah lingkungan yang sejalan dengan pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Hal ini berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan pembangkit listrik yang stabil dan ramah lingkungan. Mitsubishi Power berkomitmen untuk mendukung peningkatan kebutuhan tersebut di Indonesia dengan teknologi turbin gas kami yang dapat mengurangi emisi CO2 secara signifikan jika dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga batu bara konvensional, seraya memastikan produksi listrik yang stabil dan berkelanjutan.”

Mitsubishi Power mendapatkan kontrak untuk solusi lengkap siap pakai dari perencanaan, pengadaan, dan konstruksi (Engineering, Procurement, and Construction/EPC) untuk sistem pembangkit listrik GTCC, bersama dengan perusahaan konstruksi sipil milik negara PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA). Mitsubishi Power memasok turbin gas M701F, sementara Mitsubishi Electric Corporation memasok sistem generator listrik.

Mitsubishi Power telah menjalin hubungan erat dengan Indonesia selama setengah abad sejak mengirimkan turbin uap pertamanya ke negara ini pada tahun 1971. Hingga saat ini, perusahaan telah mengirimkan peralatan pembangkit dengan kapasitas output kumulatif sebesar 12 GW. Dua turbin gas M701F pertama dipasok ke Pembangkit Listrik GTCC Cilegon pada tahun 2006, disusul masing-masing dua unit untuk Pembangkit Listrik Muara Karang pada tahun 2011, Pembangkit Listrik Tanjung Priok pada tahun 2012, dan Pembangkit Jawa-2 pada tahun 2018. Pengerjaan peralatan untuk proyek Muara Karang dimulai pada tahun 2019.

Ke depannya, Mitsubishi Power akan terus berupaya untuk menyediakan daya listrik yang lebih bersih dan andal untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di seluruh dunia. | WAW-EWINDO

Previous articleDigagas Gen-Z dan Milenial, Krisis Iklim Layak Jadi Agenda Politik Utama?
Next articleLPPHI Minta Limbah B3 TTM di Blok Rokan Dipulihkan di Riau, Tidak Boleh dibawa keluar Akan Berbahaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.