Home BUMN Bagaimana Membersihkan Uang Kotor Di Depan Hidung Otoritas Keuangan Melalui Tehnologi Digital...

Bagaimana Membersihkan Uang Kotor Di Depan Hidung Otoritas Keuangan Melalui Tehnologi Digital Dengan Sempurna ?

44
0
Bagaimana Membersihkan Uang Kotor Di Depan Hidung Otoritas Keuangan Melalui Tehnologi Digital Dengan Sempurna ?
1.Melalui Bank Digital, Perdagangan Online dan Pinjaman Online dengan kombinasinya
Membuka rekening dengan identitas palsu di bank digital dengan puluhan akun . Tak ada bedanya menyelundupkan Rp. 1 Milyar atau 1 Trilyun misalnya.
Menyiapkan web situs jual beli barang secara online, entah di dalam negeri atau di luar negeri.
Agar tidak terlalu mencolok maka transaksi dilakukan melalui jaringan situs web e-niaga yang tidak dipromosikan secara luas, rahasia, dan ilegal, (walau menggunakan web niaga yang terkenal pun sama mudahnya) serta ke jaringan pembayaran penyedia layanan di situs web commerce.
Hari pertama
Membuka 20 akun atau lebih (tergantung jumlah uang yang ingin dicuci ) dengan identitas KTP palsu nominal setoran bervariasi antara 10 – 20 juta rupiah di bank digital resmi. Intinya harus bisa tidak mencurigakan otoritas keuangan .
Hari kedua
Kombinasi melalui pembelian online.
Melakukan pembelian palsu melalui akun akun palsu puluhan barang di toko online yang sudah dibuka , dengan masing nominal yang tidak mencurigakan
Di sisi lain melakukan penyetoran selanjutnya ke masing masing akun sisanya uang haram yang ingin dicuci.
Hari ketiga, transfer ke bank luar negeri ..
Hari keempat, tutup akun sehingga tidak bisa terlacak lagi.. penyelesain yang sempurna..
Demikian sebaliknya.. untuk memasukan uang haram ke dalam negeri, karena dengan adanya bank digital maka nasabah tidak harus berada dalam otoritas negara setempat.
Kasus yang lebih ekstrim adalah membuka akun, mentransfer ke luar negeri dan menutup akun di hari yang sama dengan identitas palsu.
Putusnya pembuktian antara buka dan tutup akun di hari yang sama akan menyebabkan kesulitan pembuktian bila pun dicurigai, karena pemeriksaan lalu lintas keuangan oleh otoritas keuangan biasanya dilakukan di akhir hari.
Bagaimana bila antara pengelola toko online, pengantaran online dan pemilik bank digital adalah satu group? Media sempurna untuk melakukan pencucian uang haram..
Kombinasi melalui pinjaman online.
Melakukan kerjasama dengan penyelenggara pinjaman online resmi.
Karena identitas pemberi pinjaman ini bersifat rahasia, maka pemberi pinjaman dapat mengumpulkan data nasabah melalui penawaran pinjaman online .
Data yang sudah dikumpulkan ini kemudian menjadi modal untuk membuka akun di bank digital untuk maksud pencucian uang. Sempurna…
2.Kombinasi melalui Mata Uang Digital ( Cryptocurrency)
Meskipun penggunaan mata uang digital atau cryptocurrency untuk pencucian uang lebih rumit daripada metode tradisional,namun penjahat sekarangpun
menggunakan industri ini.
Alasan paling penting penjahat untuk menggunakan metode ini adalah bahwa pelacakan pencucian uang lebih sulit.
Apalagi pelaku kejahatan lebih memilih sektor ini karena hingga hari ini tidak ada aturan Anti Pencucian Uang di sektor uang digital.
Pencucian uang kripto memiliki tiga tahap utama.
Penempatan :
Koin kripto dapat dibeli dengan fiat atau jenis kripto lainnya. Koin ini kemudian ditukar di bursa yang tidak mematuhi undang-undang anti pencucian uang.
Dalam pertukaran ini, uang mudah dicuci karena anonimitas.
Penyembunyian :
Biasanya dapat melacak transaksi berbasis kripto melalui blockchain. Namun, dalam cryptocurrency pencucian, penjahat menggunakan layanan anonimisasi untuk menyembunyikan sumber uang, yang membuat pencucian uang tidak mungkin dilakukan.
Integrated :
Integrasi yang merupakan tahap terakhir dari pencucian uang juga telah mencapai titik di mana mata uang kotor tidak dapat dengan mudah diikuti.
Pada titik ini, penjahat dapat membuat perusahaan online yang menerima pembayaran bitcoin untuk mengubah crypto kotor menjadi crypto legal.
Demikian cara penjahat modern menggunakan tehnologi digital untuk mencuci uang haramnya di depan hidung Otoritas Keuangan tanpa kendala berarti.
Bila pun ketahuan .. ya apes aja..Ibarat gunung es.. hanya sedikit yang terlihat mencair, sementara masih segunung lapisan yang masih beku alias tidak terungkap
Namun apapaun yang telah diungkap dalam tulisan inipun hanya sebagaian kecil tehnik yang dipakai dari banyak tehnik lainnya dengan penggunaan media yang sama
Disamping itu pencucian uang haram juga bisa digunakan menggunakan media lainnya seperti asuransi jiwa online dan game online.. tapi lain kali saja ceritanya ya sahabat.
Tulisan ini kucukupkan sampai disini.
Adi Ketu
Foto ilustrasi : Digital Money Laundering
Previous articlePakar Energi Sarankan Pemerintah Fokus Kuasai Kebutuhan Baterai Dunia
Next articleBANGKRUTNYA PLN BUKAN KARENA HUTANG MAUPUN KARENA RUGI !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.