Home BUMN Wuiihhh…..Banyak yang Setuju Pertamina Bertransformasi Menjadi Perusahaan Minyak Goreng, Mengapa?

Wuiihhh…..Banyak yang Setuju Pertamina Bertransformasi Menjadi Perusahaan Minyak Goreng, Mengapa?

2771
0
Gedung Kantor Pusat Pertamina Jakarta

Banyak yang Setuju Pertamina Bertransformasi Menjadi Perusahaan Minyak Goreng, Mengapa?

1. Alasan akses bahan baku sebanyak lebih dari 30 juta ton CPO tersedia. Mengingat produksi sawit nasional mencapai 60 juta ton lebih.

2. Stabilitas pasokan dan harga CPO terjamin karena perusahaan sawit mendapatkan subsidi. Perusahaan sawit tidak pusing memikirkan pasar ekspor. Sudah ada Pertamina sebagai captive market sebesar 5 kali pasar China dan 5 kali pasar EU.

3. Subsidi sawit bisa sepenuhnya dikelola menteri Keuangan untuk jadi bamper perusahaan Pertamina Minyak Goreng. Sekarang dikelola secara independen oleh lembaga pemungut pungutan sawit. Nilainya bisa mencapai 200 triliun rupiah perhitungan kasar harga sawit sekarang.

4. Tidak ada konflik interest antara eksportir dan lembaga pemungut pungutan ekspor. Jadi selama ini ada yang mengejar ekspor hanya untuk menciptakan pungutan. Sekarang bisa difokuskan ke dalam negeri untuk minyak goreng dan minyak solar. Mengingat masyarakat Indonesia suka mengongoreng.

5. Adanya margin keuntungan yang besar dari minyak goreng. Berbeda dengan solar dan pertalite. Apalagi sekarang harga minyak goreng tembus 70 ribu per liter. Keuntungan bisa mencapai 5 kali lipat harga minyak goreng yang ditetapkan pemerintah. Atau sebanyak 12 kali lipat dari harga solar yang ditetapkan pemerintah.

6. Namun Pertamina ke depan harus menguasai bahan baku sendiri dan menguasai kebun sawit. Sehingga pasokan sawit lebih terjajamin dan Pertamina bisa kaya raya seperti jaman dulu.

Begitu sinuhun?

(SALAMUDDIN DAENG)

Previous articleLIMBAH SAWIT CEMARI LINGKUNGAN REMBANG JATENG
Next articleAstrapay Bermitra dengan MoEngage Tawarkan Pengalaman Digital Terpersonalisasi bagi Pelanggan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.