Home BUMN Dilema, Pelapor Penyelewengan BBM Subsidi, Malah Terancam Jadi Tersangka

Dilema, Pelapor Penyelewengan BBM Subsidi, Malah Terancam Jadi Tersangka

469
0
Salah satu SPBU / EWINDO

ENERGYWOLRD.CO.ID – Himbauan Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam kunjungan Kerja di Jambi, hari Sabtu 2 April 2022, agar masyarakat ikut mengawasi penyelewengan BBM subsidi dan melaporkan kepada Polisi adalah pekerjaan sia-sia, pasalnya pelapor malah berpotensi terancam jadi tersangka.

Demikian dikatakan Yusri Usman pengamat enegi  yang juga Direktur Eksekutif CERI. Sebab, disparitas harga antara BBM subsidi dengan BBM non subsidi cukup besar sehingga selisih itu merupakan keuntungan pelaku.

“Contohnya saat ini untuk Biosolar Rp 7800 perliter, itu menyebabkan praktek penyelewengan BBM subsidi sangat masif,” tegas Yusri dlama keterangannya kepada Redaksi, 3 April 2022

Sehingga dalam pelaksanaan penyelewengan melibatkan banyak pihak, itu pekerjaan mafia BBM, karena cara kerjanya sistemik dan terdiri dari pengusaha, pemilik SPBU dengan oknum Pertamina dan oknum aparat.

Lagi pula, lanjut Yusri BBM yang diselewengkan itu barang bergerak, ketika ada masyarakat melaporkan ada kegiatan penyelewengan sedang terjadi ke pihak Polisi, butuh waktu panjang dalam proses pelaporan di Polisi.

“Cilakanya, ketika laporan ke Polisi itu bocor ke jaringan mafia BBM, bisa terjadi ketika aparat Polisi datang ke TKP, semua barang bukti sudah tidak ada, malah terbalik pelapor bisa terancam membuat laporan palsu untuk menjadi tersangka,” ungkap Yusri.

Oleh sebab itu, saran Dirut Pertamina tak efektif alias sia sia, lebih baik Pertamina membuktikan saja program digitalisasi 5.518 SPBU itu bisa mengendalikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran, “Karena progaram itu investasinya Rp 3,6 triliun oleh PT Telkom,”pungkasnya.(AT)

Previous articleRakyat Menggugat Sepak Terjang LBP (1): Dugaan Suap Bisnis Tambang Emas PTMQ Di Papua
Next articleSalamuddin Daeng: Bukan Hanya Gaji Pertamina, Semua BUMN Harus Naik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.